Tingkatkan Hasil Tanaman Muda, Babinsa Sikakap Berikan Inovasi dan Edukasi Kepada Petani Dusun Mabola’

INFO|SIKAKAP –  Upaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, Babinsa Koramil 04/Sikakap Kodim 0319/Mentawai turun kelapangan berikan inovasi dan pendampingan kepada petani di Dusun Mabola’ Desa Sikakap.


Pendampingan yang di lakukan babinsa ini dengan cara memberikan inovasi dalam pemanfaatan lahan dalam penanaman tanaman muda sehingga memiliki hasil maksimal.

Danramil 04/Sikakap, Kapten.inf.Putra Irawan Damanik mengatakan, pendampingan yang di lakukan babinsa ini dalam rangka panen hasil perkebunan milik Bapak Noprizal (40) warga Dusun Mabola’.

Lahan yang di tanami dengan tanaman muda ini merupakan lahan orang lain serta beliau juga salah satu warga kurang mampu, namun dengan kegigihan untuk bertani, beliau minta izin kepada pemilik lahan untuk berkebun.

“Alhamdulillah lahan yang di tanami tanaman muda ini pemilik lahan memberikan izin untuk di kembangan” sebut petani yang disampaikan kepada Danramil saat berbincang, Sabtu (11/12/2021).

Adapun tanaman muda yang di kembangkan Noprizal ini berupa tanaman terong, Timun, Gambas, Pare dan Kacang Panjang, imbuhnya.

Dimasa pandemi ini, sebut Danramil melalui babinsa kita terus berikan edukasi kepada masyarakat dalam meningkatkan perekonomian di bidang pertanian salah satunya perkebunan.

“Ini perlu di tingkatkan, karena di masa pandemi serta jelang natal dan tahun baru kebutuhan pokok berkemungkinan bisa tidak mencukupi, maka perlu menggiatkan penanaman dengan memanfaatkan lahan kosong” ujarnya.

Dengan banyak petani menggiatkan untuk menanam, ketika kekurangan kebutuhan pokok dapat di antisipasi dengan memanfaatkan hasil pertanian dan perkebunan lokal dan tidak bergantung dari luar, tukasnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment