Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Singgalang 2021, Wabup Mentawai Sampaikan Beberapa Penekanan

INFO|MENTAWAI – Untuk kesiapan dalam rangka operasi lilin Singgalang 2021 dan tahun baru 2022, Polres Kepulauan Mentawai melaksanakan gelar apel pasukan bertempat di lapangan mapolres mentawai, Kamis (23/12/2021).


Apel pasukan di pimpin Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake di ikuti dari Pleton Polri, TNI, Basarnas Mentawai, BPBD, Dishub dan Satpol PP Mentawai. Kegiatan di  hadiri Kapolres Mentawai, Dandim 0319/Mentawai mewakili, Danlanal Mentawai, Kakansar Mentawai, Kasat Pol PP Mentawai dan Dishub Mentawai.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Singgalang 2021 dan tahun baru 2022” sebut Kortanius saat pimpin apel gelar pasukan

Dalam kegiatan ini tidak hanya melakukan pengecekan tapi juga pada aspek personil maupun sarana dan prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti Polri, TNI, Pemda, serta mitra Kamtibmas lainnya, ujarnya.

Perayaan natal 2021 dan tahun baru 2022 oleh masyarakat, sebut Kortanius secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan kamseltibcarlantas, dan pelanggaran protokol kesehatan covid 19, terangnya.

Untuk menyikapi hal tersebut, maka polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 dengan mengedepankan kegiatan pre-emtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional serta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19.

“Hal ini di lalukan agar masyarakat dapat merayakan Natal 2021 dan tahun baru 2022 dengan rasa aman dan nyaman’ tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Mentawai menyampaikan beberapa penekanan dalam pelaksanaan tugas dalam ops lilin yang pertama siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan.

kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Ketiga, tingkatkan kepekaan dan kewaspadaan serta kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun 2022.

Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis. Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas dan humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas

Keenam, mantapkan kerjasama sinergitas dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi dan yang terakhir tetap menjaga protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup yang sehat dan bersih.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment