Akses Jalan Penghubung Tiga Nagari di Kec.Sangir Batang Hari Rusak Parah, Perlu Perhatian Serius Pemerintah

 

INFONUSANTARA.NET –Kondisi Jalan yang menghubungkan 3 Nagari di Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan, rusak parah dan perlu perhatian serius oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi.

Jalan tersebut merupakan urat nadi transportasi masyarakat yang menghubungkan 3 Nagari di Kecamatan Sangir Batang hari,ke pusat Ibu kota Kabupaten Solok Selatan selama ini.

Sudah bertahun tahun semenjak Pemekaran Kabupaten Solok Selatan 7 Januari 2004 yang lalu hingga saat ini Jalan yang menghubungkan  3 Nagari di Kecamatan Sangir Batang Hari,Kabupaten Solok Selatan di antaranya Nagari Lubuk Ulang Aling,Kemudian Nagari Lubuk Ulang Aling tengah dan serta Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan.Kondisinya cukup memperihatinkan sekali.

Kondisi tersebut di sampaikan oleh seorang tokoh masrayakat setempat Bujang Antoni,yang di temui awak media pada hari Senin (27/12/2021) mengatakan benar sekali kondisi jalan daerah yang menghubungkan Tiga Nagari di Kecamatan Sangir Batang hari,ke pusat Ibu kota Kabupaten Solok Selatan selama ini sangat rusak parah dan sangat meperihatinkan,apa lagi saat musim hujan kami yang berada di daerah ini,tidak bisa menuju ke pusat ibu kota Kabupaten Solok Selatan.Terpaksa menunggu jalan ini kering berapa hari kemudian.

Jalan yang rusak ini yang kami tanggung pada setiap harinya,kondisi ini yang kami rasakanuntuk menuhui kebutuhan kami ke pasar. Kami yang berada disini terpaksa kami ke Pasar Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya,karena tidak adanya pasar yang ada di nagari selama ini.

Selama ini perbaikan jalan di daerah ini  kawal lansung oleh Yulius,Abdul Hamid,Dono dan joni Sardi selaku wali jorong di kanagarian lubuk ulang Aling,

Kami yang berada disini selama ini sudah berupaya untuk mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Solok Selatan hingga Propinsi Sumatera Barat hingga saat ini belum terealisasi pembangunan jalan ini.  

Berapa hari lalu jalan ini susah sekali untuk di lewati,dalam perintah oleh  Bupati Solok Selatan bapak H.Khairunas dan Syafril anggota DPRD Dapil 2 Solok Selatan Fraksi Golkar bekerja sama dengan PT,BRM melalui bapak Angga humas PT BRM dengan menggunakan alat beratnya untuk perbaikan sementara.

Dalam reresnya Syafril anggota DPRD Dapil 2 Solok Selatan Fraksi Golkar,mengatakan berapa waktu lalu rencananya jalan dari abai sangir ke Dharmasraya tersebut akan di pindahkan ke sungai kunyit.

Kalau  seandainya terwujud jalan tersebut kami yang berada disini bagai mana dengan jalan tersebut yang menguhubungkan nagari kami. Karena sebelum beliau, sudah 2 periode gubernur sebelum beliau Irwan Pariyitno pengusung partai yang sama(PKS)namun tidak kunjung juga di aspal,namun besar harapan kami sebagai tokoh masyarakat agar gubernur sekarang mengaspal jalan kami tersebut.

“Kami berharap kepada pemerintah pusat dan pemerintah propinsi untuk membuatkan jalan beraspal guna untuk mempermudah kan transpotasi kami masa yang akan datang,”ucap Bujang Antoni. (*)

Laporan:MsX.

Leave a Comment