Ide Kreatif Babinsa Siberut Ajak Pemuda Kumpulkan Barang Bekas Untuk Membantu Peningkatan Ekonomi

INFO|MENTAWAI – Babinsa Koramil 02/Muara Siberut, Kodim 0319/Mentawai, Serda Rudi Simorangkir mengajak pemuda Desa Maileppet mengumpulkan barang-barang bekas yang berserakan di pemukiman masyarakat dan di pinggir pelabuhan.


Barang bekas yang di kumpulkan itu berupa besi tua, aluminium, kuningam dan karton dan baramg tersebut tidak bertuan.


“Pengumpulan barang bekas ini nantinya di jual kepada penampung yang berada di Desa Siberut Selatan” kat Serda Rudi, Jumat (7/1/2022).


Dia mengatakan, pengumpulan barang bekas ini bertujuan agar lokasi seperti di pinggir jalan, oemukiman masyarakat tidak terlihat kotor 


Inisiatif Serda Rudi ini saat melaksanakan kegiatan patroli dan melakukan tugas sebagai Babinsa di Desa binaannya.


“Kita sering melihat barang-barang bekas yang tidak bertuan berserakan di pinggir jalan, sehingga terlihat kotor dan kurang sedap di padang mata” kata dia.


Dari situ awal inisiatif Serda Rudi ingin mengumpulkan barang bekas dengan mengajak pemuda setempat khususnya bagi pemuda yang tidak memiliki pekerjaan.


Barang bekas tersebut di kumpulkan serta di pisahkan yang mana barang bekas yang bernilai ekonomis. Kemudian barang bekas yang bernilai ekonomis di bawa ketempat penampung untuk di timbang fan di jual


“Hasil penjualan barang bekas itu dapat di gunakan para pemuda sebagai penghasilan dan kebutuhan hidup” ucapnya.


Tak hanya itu Serda Rudi juga memberi peringatan keras kepada para pemuda supaya tidak mengambil barang milik warga atau barang yang masih bertuan atau masih di pergunakan pemiliknya, karena itu merupakan tindakan kriminal. 


Kepada para pemuda di harapkan agar bisa melanjutkan kegiatan mengumpulkan dan memanfaatkan barang-barang bekas di sekitaran desa, agar pemuda turut serta menjaga lingkungan tetap rapih dan bersih serta hasilnya pun dapat membantu peningkatan perekonomian bagi mereka, pungkasnya, (Pendim)




Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment