Pengumpul Sampah Plastik di Dusun Mapinang di Inovasi Babinsa Sikakap

INFO|SIKAKAP – DI mana kaki di pijakkan, akan kita temui sampah bertaburan. Entah itu sampah organik, seperti dedaunan, sayuran, hingga sampah anorganik, seperti plastik, botol, dan lain sebagainya.


Namun hal ini berbeda di lakukan Babinsa Koramil 04/Sikakap dengan mengajak pemuda setempat untuk memanfaatkan sampah plastik agar di jadikan barang yang memilki nilai jual.

Danramil 04/Sikakap, Kapten.inf.Putra Irawan Damanik menuturkan, kegiatan yang di lakukan babinsa ini mengajak pemuda untuk memanfaatkan sampah plastik sebagai penghasilan.

Sebagai perbandingan, Babinsa mendampingi pemuda ketempat salah satu rumah warga pengumpul barang-barang bekas bernama Peri (54) di Dusun Mapinang, Desa Sikakap.

Aktivitas pengumpulan barang-barang bekas yang di lakukan Peri ini di bantu istrinya dan kegiatan ini sudah berlangsung cukup lama di lakoninya.

Pengumpulan barang bekas di lakukan Peri menggunakan bentor yang merupakan bantuan dari Bank Nagari. Aktivitas yang di lakoni ini untuk meningkatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup.

Barang bekas yang di  kumpulkan itu lebih cenderung memilih botol plastik, karena memiliki nila ekonomis yang bagus, tapi dia juga memungut barang bekas lainnya.

“Ini merupakan salah satu motivasi bagi pemuda yang belum memiliki penghasilan agar bisa memanfaatkan barang bekas menjadi penghasilan” tuturnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment