Pastikan Kesehatan Anda, Ikuti Testing, Tracing dan Treatment

INFO|MENTAWAI – Varian Omicron, juga dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan Covid-19. WHO menyatakannya sebagai varian yang diwaspadai.


Dengan adanya satu orang ASN dinyatakan terkonfirmasi varian Omicron yang tetapkan Laboratorium Unand Padang, Sabtu (29/1/2022) lalu, dimana ASN yang positif ini merupakan seorang profesi guru warga Pagai Selatan.

Sebelumnya bersangkutan mengikuti Rapid test Antigen di Posko Azizi Padang. Dokter dan petugas kesehatan yang menangani langsung melakukan pemeriksaan Swab/PCR dinyatakan positif Covid.

“Tanggal 30 Januari 2022, kita menerima surat dari Lab kesehatan Unand bahwa pasien yang bersangkutan dinyatakan Covid dengan Varian Omicron. Diketahui yang bersangkutan sebelumnya melakukan perjalanan dari Kota Medan” sebut Kadinkes Mentawai, Lahmuddin Siregar kepada media, Rabu (2/2/2022).

Untuk mengantisipasi penyebaran virus varian baru Omicron ini, kata dia dengan terus mengikuti protokol kesehatan dan bagi masyarakat yang belum vaksin segera ikut vaksin, ujarnya.

Selain itu untuk memutus penyebaran virus varian Omicron ini di butuhkan dukungan semua pihak selain petugas satgas gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, timkes dan instansi terkait lainnya sebut Lahmuddin.

“Kita harus terus mendukung upaya-upaya perlindungan kepada masyarakat dari ancaman Covid-19 dengan mengikuti himbauan pemerintah. Ikuti vaksinasi bagi masyarakat umur 6 tahun keatas” ucapnya lagi.

Dia menyebut, agar tidak lagi bertambah kasus positif di mentawai harus mengikuti 3 T yaitu, Testing, Tracing dan Treatment. Selain itu juga di lakukan pengawasan bagi pelaku perjalanan masuk mentawai secara konsisten.

Dia juga menghinbau kepada seluruh masyarakat, bagi pelaku perjalanan menuju mentawai, pemkab mentawai masih mewajibkan negatif Covid artinya masih menyediakan secara gratis swab test di kantor penghubung mentawai di jalan Azizi kota padang.



Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment