Danrem 032/Wbr Siap Bantu Mentawai Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Produktif

INFO|MENTAWAI – Menjadikan masyarakat produktif dalam meningkatkan ekonomi serta mengurangi tingkat pengangguran di kepulauan mentawai di perlukan kolaborasi dalam menjalankan program yang sudah di susun dalam agenda kegiatan.


‘Progam kita saat ini, tentunya kerja rutin, terjadwal dan terukur sesuai dengan program pimpinan pusat, selain itu kita siap membantu pemberdayaan masyarakat produktif di Sumbar khususnya di mentawai melalui Babinsa” sebut Danrem 032 Wirabraja dalam kegiatan kunker di mentawai, Senin (7/2/2022).


Selain itu, pihaknya juga siap berkolaborasi dengan pemkab mentawai mencarikan solusi untuk mengurangi tingkat pengangguran dengan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat.


“Salah satunya menjadikan masyarakat yang produktif melalui pendampingan dari prajurit Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang berada di wilayah binaannya masing-masing, ini sudah mulai berjalan” kata Purmanto.


Melalui pendampingan ini, lanjut dia para Babinsa memberikan edukasi dalam pemanfaatan potensi alam yang akan di olah menjadi pendapatan, sehingga akan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, ujarmya.


“Dalam pemberdayaan ini, kita sudah perintahkan para Babinsa untuk memberikan pembinaan atau mengorganisir SDM masyarakat agar produktif dalam memanfaatkan potensi yang ada di daerahnya masing-masing” tuturnya.


Tak hanya itu, Jendral bintang satu ini juga memerintahkan agar anggota TNI terus berada di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pendampingan dari segala aspek bidang kehidupan, ujarmya.


“Ini yang kita harapkan saling bersinergi agar pemberdayaan terhadap masyarakat menjadi produktif berdampak ekonomi dan tingkat pengangguran juga dapat di tekan” sebutnya lagi.


Nah, potensi alam yang belum termanfaatkan di lingkungan masyarakat akan menjadi tugas prajurit kami untuk memberdayakan warga binaannya agar lebih kreatif dan berinovasi, sehingga menjadikan penghasilan.


“Walaupun kecil hasil yang di lakukan, tapi pasti untuk membuat perubahan di wilayah binaannya secara nyata kepada masyarakat” kata dia.


Disisi lain terkait penerima Akademi Militer (Akmil) pemkab mentawia harus menyiapkan anak-anak yang berpotensi mulai sekarang serta buat rekomendasinya, agar bisa di akomodir.


Mudah-mudahan ada anak-anak mentawai nantinya menjadi calon taruna selagi masih saya menjabat sebagai Danrem 032 Wirabraja, karena saya sendiri juga dari seorang petani, insyallah bisa kita perjuangkan” ucapnya mengakhiri.

 


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment