Rakor Se-Sumbar di Mentawai, Gubernur Mahyeldi : Bangkitkan Perekonomian Daerah Melalui Sektor Pariwisata

 

INFO|MENTAWAI – Rapat Koordinasi pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumbar di kepulauan mentawai berjalan sukses. Kegiatan bertempat di Aula Bappeda Mentawai, Selasa (8/3)2022).


Mengawali kegiatan rakor, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansarullah mengucapkan terima kasih atas kehadiran para kepala daerah se-Sumbar di bumi sikerei serta penghargaan yang tinggi di sampaikan kepada Bapak Dirjen yang telah hadir di mentawai selaku narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.


Menurut Buya Mahyeldi, belum banyak pejabat pusat yang hadir dan berkunjung ke Mentawai ini, padahal tempat ini sangatiah indah dan penuh dengan pesona alam serta budayanya dan Mentawai ini, juga merupakan satu-satunya Kabupaten yang masih berada dalam status tertinggal, dan salah satu penyebabnya adalah persoalan komunikasi.


“Rakor hari ini, kehadiran Kepala Daerah yang terbanyak menurut pengamatan saya. Semoga untuk rakor selanjutnya, kita akan tetap bersama-sama hadir kembali dalam rangka membangun Sumatera Barat” ucap Mahyeldi.


Momen rakor hari ini, sebut Buya momen yang sangat penting, disamping merumuskan strategi integrative untuk membangkitkan perekonomian daerah melalui sektor pariwisata, juga hadir dalam rangka melepas tugas Bupati/Wakil Bupati Mentawai yang akan berakhir pada 22 Mei yang akan datang.


“Acara pengantar purna tugas yang di laksanakan semalam, saya rasa perlu kita jaga dan terus kita lakukan, karena tentu akan mampu lebih meningkatkan kedekatan antar unsur pimpinan di Sumatera Barat” tuturnya.


Lebih lanjut di katakan Buya melalui materi yang disampaikan para narasumber nanti, akan dapat membuka ide dan gagasan serta pemahaman yang komprehensif kepada kita semua terutama mengenai strategi mempercepat menyukseskan “Visit Beautiful West Sumatera 2023”.


Pencapaian ini, kata dia tidak akan maksimal tanpa ada sinergitas dan kolaborasi dari semua pihak. Untuk itu pada hari ini kita hadir bersama dan berdiskusi, merumuskan kebijakan, menyusun rencana aksi, dan strategi dalam rangka optimalisasi dan menyukseskan Visit Beautiful West Sumatera 2023.” tuturnya.


“Kita berharap, sinergitas dalam forum Rakor ini, akan bisa melahirkan kebijakan-kebijakan yang strategis, dan solusi-solusi kreatif dalam memajukan Daerah” ujarnya.


Sebagaimana yang kita ketahui, sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terpukul akibat pandemi Covid-19. Dimana di tahun 2020 saja, pandemi ini telah menurunkan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia hingga tinggal hanya seperempatnya saja dari tahun sebelumnya, termasuk yang berkunjung ke Sunatera Barat.

Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment