Peduli Warga Tak Mampu, Polsek Suliki Bedah Rumah Meliyus Jadi Layak Huni

INFO|Limapuluh Kota –  Saat usia tua, pasti kekuatan fisik sudah semakin melemah hingga banyak membutuhkan bantuan kepada anak atau keluarga. Namun hal itu tak bisa dilakukan oleh Kakek Meliyus alias Pandeka (86) Kakek asal Jorong Sialang Kenagarian Sungai Rimbang,Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota.


Kakek Meliyus ini hanya hidup sebatang kara di rumahnya yang terbuat dari papan yang berukuran 3×4 Meter sudah reot dan lapuk.


Pandeka atau pak Iyuh sebutan warga setempat tidak mempunyai istri sejak dulunya, saat ini kondisi Meliyus sudah tidak bisa apa-apa lagi, selain cacat tubuh Meliyus juga tidak bisa berjalan hanya tidur yang beralaskan tikar yang sudah lusuh, sebelumnya dulu pak tua ini bisa berjalan dan mengharap rezeki di pokan-pokan (pasar-pasar Red) tapi untuk saat ini Meliyus, hanya berharap belas kasihan warga sekitar tempat tinggalnya,. 


Sekitar akhir Februari 2022 ,salah seorang warga Sialang Midrawardi (59) bertemu  anggota Bhabin kamtibmas Jorong Sialang Kenagarian Sungai Rimbang Bripka Adrian Ade Putra Midrawardi menceritakan perihal nasib yang dialami Meliyus tersebut, tidak menunggu lama, Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Trisno Eko melalui Kapolsek Suliki Iptu Rika Susanto menerima informasi dari bhabin kamtibmas Bripka Adrian Ade Putra 


Dengan gerak cepat kapolsek Suliki meninjau kediaman Meliyus bersama Waka Polsek Suliki Iptu Arinaldo, setelah melihat kondisi rumah Meliyus alias Pandeka timbul ide dari waka polsek dan Kapolsek Suliki untuk membantu perbaikan rumah Pandeka dengan cara patungan dengan anggota polsek Suliki.


Dari ide tersebut , Kapolsek Suliki Iptu Rika Susanto mengumpulkan dana hasil patungan dan membelikan alat bangunan untuk membangun rumah untuk Meliyus alias Pandeka. 


Tepat pada hari Jumat (4/3 ) 2022 sekitar pukul 14.00 WIB rumah Meliyus di bedah oleh Polsek Suliki, bersama dengan Waka Polsek dan Bhabin kamtibmas Bripka Adrian Ade Putra serta di bantu oleh Babinsa dari Koramil Suliki Serma Idham Hermanto, selain itu turut hadir pemuka masyarakat setempat yang turut membantu untuk memugar rumah milik Meliyus, hanya beberapa saat rumah tersebut selesai dipugar untuk kemudian dibedah jadi rumah layak huni. 


Untuk sementara waktu Meliyus, di ungsikan ke rumah salah seorang tetangga yang tidak jauh dari tempat tinggalnya, untuk bedah rumah tersebut di perkirakan memakan waktu lebih kurang 4  hari sebut Rika kepada media, Kamis (10/3/2022).


Selain bedah rumah, dari hasil patungan anggota Polsek Suliki juga di sumbangan selimut, bantal, kasur dan keperluan lainnya. 


Terkait dengan bedah rumah ini, Kapolsek Suliki Iptu Rika Susanto juga menyampaikan pesan moral yang sering di sampaikan dan di ingatkan oleh Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko


“Jadikan tugas dan pengabdianmu untuk mencari amal ibadah sehingga kita tidak pernah lelah dan jemu menghadapi tugas kedepannya dengan “Motto sebaik – baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang banyak sehingga kelak, jika nafas kita terhenti dan kita sudah tiada nama dan perbuatan baik kita akan selalu di kenang dan di ingat di sebabkan adanya perbuatan baik kita, semasa bertugas dulunya” imbuh Rika di sela – sela kegiatan bedah rumah milik Meliyus, (Ady).





Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment