Bawaslu Mentawai Gencarkan Rakor Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu



INFO|MENTAWAI – Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai mengadakan rapat koordinasi (Rakor) penyelesaian sengketa proses pemilihan umum dengan partai politik bertempat di Bujai Griya Hotel, Selasa (27/2022).


Pada kegiatan rakor fasilitasi penyelenggaraan penyelesaian sengketa proses pemilu ini bertajuk Bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegak keadilan pemilu

Ketua Bawaslu Mentawai, Perius Sabaggalet, S.Kom mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan menghadapi Pemilu 2024 serta mengulas kembali agar persoalan yang terjadi dapat di pahami oleh peserta pemilu nantinya.

“Rakor fasilitasi penyelenggaraan penyelesaian sengketa pemilu ini, kita mengundang pengurus partai di daerah dan awak media” kata Perius dalam pembukaan kegiatan rakor.

Ia mengatakan, Rakor ini sangat penting guna meningkatkan pemahaman jajaran dan stakeholder terkait proses penyelesaian sengketa yang menjadi kewenangan Bawaslu khusus di kepulauan mentawai.

Tidak hanya terkait pelaksanaan saja, tetapi juga terkait cara dan syarat pengajuan permohonan hingga menghasilkan putusan, ujarnya.

Dikatakan, menjadi pengalaman pada pemilu sebelumya yang sering terjadi sengketa itu mulai dari proses antara peserta dengan penyelenggara dan antara peserta dengan peserta dalam pelaksanaan tahapan pemilu.

Dari pengalaman ini, untuk pemilu 2024 mendatang di harapkan tidak terlalu signifikan persoalan sengketa, akan tetapi adapun sengketa, Bawaslu siap menerima laporan yang audah menjadi tugas Bawaslu bekerjasama dengan Gakkumdu, imbuhnya.

Kegiatan rakor yang di selenggarakan ini, kata dia menjadi harapan kita semua serta menghasilkan out put pada pemilu 2024 mendatang.

“Kita juga berharap pemilu 2024 mendatang di bumi sikerei terminim kasus sengketa dengan mengedepankan pemilu musaraina” harap Perius

Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment