Pembina MAC, Letkol Febi Adrianto Kenalkan Panahan Modern Kepada Generasi Muda Mentawai



INFO|MENTAWAI – Tradisi panahan di Mentawai sangat berpotensi menjadi olahraga panahan berprestasi jika dilakukan pembinaan dengan baik serta rutin di lakukan latihan.


“Anak-anak muda Mentawai tidak akan sulit mempelajari olahraga panahan prestasi, karena sudah memiliki basic panah tradisional”kata Dandim 0319/Mentawai, Letkol Febi Adrianto yang juga pembina Mentawai Arcery Club (MAC) dalam kegiatan pengenalan peralatan panah kepada anggota komunitas di halaman Kodim, Senin, (31/10/2022).

Dia mengatakan, peralatan panah yang dikenalkan untuk tahap awal sudah sesuai standar nasional dan di lakukan secara bertahap dulu

“Saya melihat ketika PON kemarin di Papua, kita di Mentawai tidak ada yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Sementara, kita punya potensi ini, karena anak-anak muda Mentawai sudah mengenal panahan, meski baru secara tradisional,” ungkapnya.

Menurut Febi ini adalah potensi yang bisa dikembangkan asal ada kemauan. Paling tidak, dengan mengikuti olahraga panahan, Mentawai melalui komunitas MAC bisa berkontribusi dalam kegiatan Porprov, PON maupun Asean Games.

Tinggal lagi, bagaimana mengasah potensi yang ada tersebut, dan tetap berkomitmen tidak meninggalkan budaya atau tradisi panahan yang ada di Kepulauan Mentawai.,turunya.

Ketua MAC, Irfan mengatakan, kegiatan pengenalan peralatan olahraga panahan ini merupakan sesuatu yang baru bagi anak muda Mentawai. Meski begitu, kata dia, tidak tertutup kemungkinan ke depan, Mentawai akan memiliki atlit-atlit panahan yang memberikan kontribusi terhadap olahraga prestasi di Kepulauan Mentawai.

Untuk kedepan, sebut Irfan, kegiatan pengenalan ini akan menjadi kegiatan latihan rutin. Minimal, diselenggarakan 3 kali dalam sepekan.

“Paling tidak, kita juga ingin memancing animo anak-anak muda Mentawai untuk ikut serta berlatih olahraga panahan prestasi ini. Nantinya, kita juga akan berkunjung ke sekolah-sekolah untuk mengenalkan olahraga panahan ini,” ungkapnya.

Hendro, selaku seksi sarana prasarana MAC mengatakan, bahwa, saat ini peralatan panahan baru tersedia 3 set. Ke depan, kata dia, dengan munculnya animo anak-anak muda Mentawai untuk belajar panahan, maka sarana tersebut, akan dioptimalkan.

“Saat ini, MAC sendiri, masih terus mengoptimalkan kelengkapan olahraga panahan dengan segala keterbatasan yang ada” tukasnya (rif)

Editor : Heri Suprianto


Leave a Comment