Tim BPMP Sumbar Tinjau Pelaksanaan ANBK di UPTD SD Negeri 01 Suliki

INFO|Limapuluh KotaTim Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumatera Barat tinjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di UPTD SDN 01 Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota, Selasa(1/11/2022).


Ali Munir, S.Ap selaku pimpinan tim mengatakan, ANBK tingkat SD di Kaupaten Lima Puluh Kota  ini mampu menjadi wahana pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik


“Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini guna meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Sumatera Barat, khususnya kawasan Luak Nan Bungsu ini” kata dia


Asesmen ini, sebut Ali digelar di pusat dan akan diberikan kepada kami, untuk melihat mana-mana sekolah yang perlu ditingkatkan,” ujarnya.


Di sisi lain Yayan Hermanto , selaku Tim teknis pelaksanaan ANBK Kabupaten Lima Puluh Kota, berharap dengan ANBK ini bisa di ketahui mana-mana sekolah yang perlu ada peningkatan-peningkatan dibidang pendidikan.


Karena, sebutnya mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar, seperti halnya literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran,” imbuhnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lima Puluh Kota Hj.Indrawati Munir, S.Pd, M.M.Pd, melalui Plt Kepala UPTD SDN 01 Suliki yang baru saja dilantik Afnil, S.Ag , yang akrab dipanggil “Pak Buya” mengatakan, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang kami laksanakan ini secara evaluasi yang dilakukan oleh Pemerintah.


Hal itu di lakukan untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. 


“Asesmen Nasional Berbasis Komputer dapat dilaksanakan dalam 2 moda, yaitu moda Online dan Semi Online, yang dibagi dalam 2 Gelombang oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Peusmendik) melalui web ANBK.” tutup Afnil S.Ag, (Ady Parker).

Leave a Comment