Tingkatkan Kapasitas Aparatur, Desa Tuapeijat Studi Tiru Ke Desa Kampung Gadang



INFO|MENTAWAI – Guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang maksimal, perlu di lakukan studi tiru sebagai salah satu langkah untuk memajukan sebuah daerah.


Menjadikan desa maju dan berkembang pada prinsipnya di butuhkan keseriusan dan kemauan untuk belajar di sebuah daerah yang di nilai sudah mumpuni dalam segala bidang.

Hal itu di lakukan aparatur Desa Tuapeijat dengan melaksanakan studi tiru di salah satu pemerintahan Desa di kota Pariaman yakni Desa kampung gadang, kecamatan pariaman timur.

Studi banding atau studi tiru yang di lakukan Desa Tuapeijat membahas terkait sistim administrasi dan pemasangan plat nomor rumah menggunakan QR Code.

Dalam kegiatan itu aparatur desa tuapeijat banyak mempelajari sistim administrasi Desa Kampung gadang, dimana hasil dari studi tiru tersebut akan di aplikasikan di lingkungan desa tuapeijat.

“Studi tiru ini akan kita terapkan di lingkungan pemerintahan desa kita” ucap Kades Tuapeijat, Pusuibiat melalui Sekdes, Nobel kepada media, Kamis (22/12/2022).

Dikatakan, terkait kegiatan yang di lakukan desa tuapeijat ini selain menampung ilmu sekaligus meningkatkan kapasitas aparatur desa.

“Kalau manajamen administrasi desa semakin bagus, tentu menjadi penilaian publik secara positif, ini menjadi harapan kita bersama untuk lebih maju lagi” tuturnya.

Kegiatan studi tiru ini, pihak desa kampung gadang memberikan respon baik terhadap kedatangan desa tuapeijat serta melihat secara umum kondisi desa kampung gadang.

Tak hanya itu pihaknya juga di dampingi melihat secara langsung ruangan masing-masing aparatur desa kampung gadang sebagai pembanding yang mana yang bisa di bawa ke mentawai.

Kedatangan aparatur desa tuapeijat, kepala desa kampung gadang berharap studi tiru ini dapat meningkatkan aktivitas administratif saling sharing serta menerapkan nanti di desa tuapeijat.

Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment