Posyandu Ananda Desa Tuapeijat Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Bagi Lansia

INFO|MENTAWAIUpaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada lansia, Posyandu Ananda Desa Tuapeijat terus intensifkan pelayanan, guna meningkatkan kualitas hidup lansia.


Pelayanan kesehatan ini tidak hanya memberikan pelayanan pada upaya kuratif, melainkan juga menitik beratkan pada upaya promotif dan preventif. 


“Peningkatan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia ini untuk mewujudkan lansia yang sehat, berkualitas, dan produktif di masa tuanya” sebut Nakes Pustu Tuapeijat, Ayu Andira, Senin (20/2/2023).


Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu  (Posyandu)  Lanjut Usia atau Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) ini di laksanakan sekali sebulan setiap tanggal 20 yang di ikuti lansia.


“Saat ini ada sebanyak 23 orang yang mengikuti kegiatan posyandu atau posbindu di posyandu ananda Desa Tuapeijat” sebutnya.


Dia menyebut, pelayanan kesehatan pada lansia harus diberikan sejak dini yang dimulai pada usia pra lansia (45-59 tahun).


Pembinaan kesehatan yang dilakukan pada lansia itu dengan memperhatikan faktor-faktor risiko yang harus dihindari untuk mencegah berbagai penyakit yang mungkin terjadi dan perlu juga memperhatikan faktor-faktor protektif yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan lansia.


Kades Tuapeijat, Pusuibiat melalui Sekretaris Desa,Nobel menyebut pelaksanaan posyandu di wilayahnya ini rutin di lakukan setiap bulan.


Dikatakan,proses penuaan pada lansia terjadi seiring bertambahnya umur lansia, yang akan menimbulkan permasalahan terkait aspek kesehatan, ekonomi, maupun sosial.


Maka dengan ini, perlu adanya peningkatan pelayanan kesehatan terhadap lanjut usia sehingga lansia dapat meningkatkan kualitas hidupnya.


“Kegiatan posyandu yang di lakukan petugas nakes dan kader posyandu terus kita dukung agar terjamin kesehatan masyarakat khusus bagi lansia” pungkasnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment