Ini Harapan Bupati Mentawai Pada Pembukaan TMMD ke-116 Tahun 2023



INFO|MENTAWAI – Pelaksanaan TMMD ke-116 tahun 2023 di wilayah teritorial Kodim 0319/Mentawai resmi dibuka Pj Bupati Mentawai di lapangan Makodim 0319/Mentawai, Rabu (10/5/2023).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Mentawai, Pj Bupati Mentawai Martinus Dahlan dan Komandan Upacara, Letda Inf Puji Basuki. Kegiatan TMMD ke-116 ini mengusung tema “Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat semakin kuat”

Upacara pembukaan TMMD ke-116 di tandai dengan pemukulan gong oleh Pj Bupati turut hadir Kasiter Korem 032/Wbr, Kolonel Inf Indra Padang, Dandim 0319/Mentawai selaku Dansatgas TMMD, Letkol Inf Suirwan, S.I.P, Danlanal Mentawai, Kakansar Mentawai, Kapolres Mentawai, Kejari, Kepala OPD serta masyarakat.

Dalam amanat Pj Bupati Mentawai, Martinus Dahlan menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada Dandim 0319/Mentawai yang telah menunjuk Desa Bukit Pamewa dan Desa Betumonga sebagai tuan rumah pada kegiatan TMMD ke-116 tahun 2023 ini.

Melalui kegiatan TMMD ini, sebut Martinus akan terbangun semangat kebersamaan serta semakin mendekatkan TNI dengan rakyat, mengingat program TMMD merupakan bagian dari komitmen sinergi dan integrasi TNI dalam membangun bangsa dan daerah, tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Martinus juga memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi secara nyata, demi suksesnya penyelenggaraan TMMD ke-116 ini khususnya perangkat daerah, Kepala Desa Bukit pamewa, Desa Betumonga beserta jajaran, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dunia usaha, dunia kerja, ormas, OKP serta masyarakat.

Sejauh ini, menurut Martinus hasil dari kegiatan TMMD selalu berdampak positif, banyak manfaat yang selama ini dapat di rasakan, karena telah ikut dalam memberikan perhatian terhadap percepatan pembangunan, peningkatan kesejahteraan, pemberdayaan ekonomi, memantapkan wawasan kebangsaan serta kesadaran bela negara kepada masyarakat, agar lebih kompetitif, mandiri dan berwawasan.

“Kami dari Pemkab Mentawai, tentunya sangat menyambut baik serta siap mendukung penuh kegiatan TMMD serta kegiatan TMMD ini merupakan perwujudan tugas pokok TNI, sebagaimana di maksud dalam Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang tentara Nasional Indonesia, salah satunya dalam membantu tugas pemerintah daerah” tuturnya.

Tak kalah pentingnya, kegiatan TMMD juga merupakan bagian dari perwujudan pelaksanaan urusan pemerintahan umum, sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Dimana secara limitatif, mengatur bahwa dalam melaksanakan tugas urusan pemerintahan umum. Kepala daerah di bantu instansi vertikal termasuk TNI,.oleh karenanya kegiatan TMMD yang diselenggarakan oleh TNI sangatlah kontekstual dengan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah saat ini.

Selaku kepala daerah, dia menyadari betul, bahwa pola kerjasama lintas sektoral dan koordinasi antar pemangku kebijakan maupun pemangku kepentingan akan lebih efektif dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah yang memiliki korelasi dengan upaya dalam mengakselerasikan tujuan pembangunan Nasional yakni terwujudnya indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

“Prinsipnya kita semua mengetahui bahwa TMMD merupakan pengabdian secara terintegrasi dalam mewujudkan pembangunan di wilayah demi kesejahteraan masyarakat” ujarnya.

Untuk itu, tidak berlebihan di katakan bahwa kegiatan TMMD ini dapat semakin meningkatkan hubungan harmonis antara TNI dengan rakyat, karena pada hakekatnya TNI berasal dari rakyat dibangun dan dibesarkan oleh rakyat dan selanjutnya bekerja dan berjuang untuk kepentingan rakyat.

Dalam konteks kepentingan akselerasi pembangunan, Martinus menilai program TMMD sebagai terobosan yang sangat efektif, efisien dan produktif, seirama dengan tekad pemerintah daerah untuk memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat dalam pembangunan dengan mengimplementasikan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan menuju mentawai yang mandiri, maju dan sejahtera.

Selain itu Martinus juga mengingatkan bahwa kegiatan TMMD ini bukanlah semata-mata menjadi tanggung jawab prajurit TNI akan tetapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk itu mari berikan dukungan dengan cara melibatkan diri membantu prajurit TNI tanpa di minta dalam setiap kegiatan.

Dia menyebut, masyarakat harus bahu membahu membantu TNI demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri, kembali kita angkat dan lestarikan semangat gotong royong masyarakat pedesaan melalui kegiatan TMMD ini.

“Kita berharap dengan terbukanya jalan darat ini akan terus kita tingkatkan, supaya jalan tersebut dapat di lalui dengan aman dan nyaman untuk memperlancar transportasi, terlebih untuk mengangkut hasil bumi masyarakat” harapnya.

Editor : Heri Suprianto


Leave a Comment