Pemulihan Ekonomi, Kades Makalo Berikan Bantuan Peralatan Pertanian Kepada Poktan

INFO|MENTAWAIUntuk menunjang perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Makalo serahkan bantuan peralatan pertanian kepada Kelompok Tani (Poktan) yang berada di wilayahnya.


Bantuan peralatan pertanian yang di serahkan itu kepada kelompok tani Nilam dan pisang berupa mesin Chainsaw, sedangkan kelompok tani sawah di berikan Tank Semprot dan Racun rumput.


“Peralatan pertanian yang kita serahkan kepada kelompok tani ini program ketahanan pangan serta pemulihan ekonomi, anggarannya bersumber dari DD (APBN)” sebut Kades Makalo, Delti Hardi Sababalat kepada media, Sabtu (13/5/2023).


Dia menyebut, untuk bantuan peralatan mesin chansaw itu di berikan kepada 3 kelompok, dimana masing-masing kelompok mendapatkan 10 mesin dan total seluruhnya 30 unit.


Sementara untuk program pembukaan lahan sawah seperti Tank Semprot di Dusun Bere di berikan sebanyak 10 unit, Dusun Mapoupou 12 unit, Dusun Parak Batu 10 unit.


Untuk pengadaan langsung kepada masyarakat di Dusun Mapoupou di berikan 1000 beni padi, Racun rumput 80 botol Dusun Mapoupou, 20 botol Dusun Parak Batu dan gerobak sorong 3 unit Dusun Parak Batu.


Tak hanya itu, Kades Makalo juga memberikan bantuan peralatan perontok gaba sebanyak 7 unit kepada kelompok tani yang terdiri dari Dusun Talopulei 2 unit, Dusun tubeket 2 unit dan Dusun makalo 3 unit


Delti menjelaskan, pemberian bantuan peralatan pertanian ini merupakan program pemberdayaan kelompok tani, tujuannya menunjang hasil produksi pertanian.


“Gebrakan ini salah satu upaya kita untuk meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan masyarakat” imbuhnya.


Bantuan peralatan pertanian ini, sebut Delti sangat membantu kelompok tani dalam mengelola hasil pertanian musim tanam tahun ini.


Selain itu dia berpesan kepada kelompok tani bantuan peralatan pertanian yang di berikan ini agar dirawat dan di jaga sebaik-baiknya.


“Dengan adanya bantuan peralatan pertanian ini, diharapkan hasil produksi masyarakat meningkat dalam rangka pemulihan ekonomi” tandasnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment