Satgas TMMD Ke-116 Tanam 100 Magrove di Kawasan Pinggir Pantai



INFO|MENTAWAI – Sebagai salah satu upaya untuk menjaga ekosistem laut dan hewan yang hidup di pesisir pantai kepulauan mentawai, Satgas TMMD ke-116 bersama masyarakat tanam 100 magrove.


“Penanaman Mangrove ini mencegah erosi dan abrasi di seputaran pinggiran pantai Kepulauan mentawai” sebut Dansatgas TMMD ke-116, Letkol Inf Suirwan, SI.IP melalui Wadansatgas, Kapten Inf Putra Irawan Damanik, Minggu (14/5/2023).

Dia mengatakan, 100 magrove yang di tanam ini berlokasi di dekat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Km 2 tepatnya di seputaran pinggir pesisir pantai.

Penanaman magrove ini, kata Wadansatgas salah satu upaya untuk menjaga ekosistem laut, hewan, erosi dan abrasi pantai agar tidak tergerus oleh ombak yang menghempas di pesisir pantai.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Satgas TMMD terhadap kelestarian lingkungan di seputaran pantai pesisir Kepulauan Mentawai” ucapnya.

Dikatakan, penanaman magrove di pesisir pantai, setidaknya dapat mencegah terjadinya erosi dan abrasi pantai serta lingkungan perumahan masyarakat setempat.

Dia mengajak kepada masyarakat untuk peduli dengan lingkungan, karena masih banyak masyarakat bermukim di pesisir pantai yang rentan dengan abrasi pantai yang dapat mengancam lingkungan warga.

Kita mengingatkan warga untuk saling peduli dan menjaga lingkungan dengan merawat pohon magrove, kapan perlu di tanam lagi” tandasnya.

Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment