Sekda Mentawai : Program TMMD Membantu Akselerasi Pembangunan dan Berdampak Kepada Masyarakat

INFO|MENTAWAIKegiatan TMMD ke-116, Kodim 0319/Mentawai yang barusan selesai di laksanakan dapat berjalan dengan aman dan lancar serta dampaknya di rasakan masyarakat.


Sekretaris Daerah (Sekda) Mentawai menyebut, anggaran pembukaan jalan yang di kerjakan satgas TMMD ke-116 ini bersumber dari pemkab mentawai sebesar 2 miliar melalui Dinas PUPR Mentawai


Selain pembukaan jalan, juga ada pembangunan relokasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang disulap menjadi rumah layak huni sebanyak 10 unit di Dusun Berkat dan rehab rumah ibadah di wilayah Kecamatan Sipora Utara.


Jalan yang di buka ini merupakan akses jalan penghubung dari Desa Bukit Pamewa menuju Desa Betumonga. Selama ini masyarakat menggunakan akses transportasi laut.


“Sekarang dengan di bukanya jalan, masyarakat sangat terbantu, kita harapkan perekonomian warga bisa meningkat” ucap Sekda Mentawai di halaman kantor Bupati Mentawai, Kamis (8/7/2023).


Tak hanya itu dampak dari pembukaan jalan yang di kerjakan TNI ini sangat luar biasa, perubahan perkonomian secara tidak langsung akan berkembang, ujarnya.


Kemudian memudahkan akses bagi masyarakat saat membawa hasil bumi atau produksi tani lainnya yang akan berdampak perekonomian kepada masyarakat.


Untuk kedepan, kata sekda Mentawai program TMMD ini tetap berlanjut bekerjasama dengan Kodim 0319/Mentawai melalui Korem 032/Wirabraja dalam membuka jalan baru.


Dia mengatakan, pembukaan jalan baru untuk kedepan, tentu dilakukan survei dengan melakukan perencanaan yang matang, jalan yang terputus akan di sambung dengan melanjutkan terobosan baru.


Komandan Korem 032/Wbr, Brigjen TNI Rayen Obersyl menyebut, pembangunan jalan baru yang di kerjakan satgas TMMD ke-116 ini untuk kemaslahatan orang banyak khususnya masyarakat kepulauan Mentawai.


“Adanya pembangunan jalan, RTLH, rehab rumah ibadah bisa di manfaatkan oleh masyarakat. Keinginan kita semua, tentunya kesejahteraan masyarakat terus meningkat dan membaik” sebutnya.


Perlu di ingat TMMD itu mempunyai program sasaran fisik dan non fisik, selain itu program TMMD juga membekali masyarakat dari berbagai informasi, ilmu pengetahuan, pelatihan-pelatihan kepada masyarakat, pungkasnya.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment