1.026 Anak Stunting, Pj Bupati Mentawai : Perlu Perbaikan Sistem dan Langkah Konkret Tekan Angka Stunting

INFO|MENTAWAIStunting  adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu  panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.


Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dari anak- anak seusianya.


Nah, ada beberapa cara mengatasi stunting pada anak antara lain, perbaiki stunting sebelum usia 2 tahun, berikan asi, perbaiki masalah menyusui, beri olahan protein hewani pada MPASI, Imunisasi rutin, memantau tumbuh kembang anak, perilaku hidup bersih dan sehat serta memakai jamban sehat.


Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak menuturkan, terkait stunting di mentawai dalam rangka percepatan penurunan stunting ini diperlukan langkah-langkah konkret.

 

“Melalui forum ini di harapkan memberikan solusi atau langkah-langkah dalam percepatan penurunan angka stunting di mentawai” harap Pj Bupati Mentawai saat menghadiri rapat tim percepatan penurunan stunting dan lounching bapak asuh anak stunting di Aula Bappeda Mentawai, Kamis (15/6/2023).


Dia menyebut terkait dengan kasus stunting ini, untuk di kepulauan mentawai masih ada 1.026 anak yang mengalami stunting. Maka dalam hal ini perlu perbaikan sistem dalam penanganan kasus stunting di bumi sikerei.


Melihat konsep terkait penanganan kasus stunting ini ada beberapa yang menjadi akar persoalan, sehingga gagalnya dalam membangun sistem ekonomi yang berbasis ketahanan pangan.


“Kita di mentawai masih ketergantungan pangan yang cukup besar, sehingga kepala keluarga kesulitan untuk menafkahi keluarganya, ini yang harus menjadi perhatian kita untuk fokus memperbaiki sektor ini” kata dia.


Sementara Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Fatmawati menyamapaikan, kasus stunting ini merupakan masalah serius bukan hanya secara nasional, tapi juga menjadi masalah serius secara internasional 


Untuk itu, kata dia sangat diperlukan kepada seluruh stakeholder memperhatikan dalam rangka upaya meminimalisir penurunan kasus stunting di kepulauan Mentawai.


“Semoga rapat tim percepatan penurunan stunting dan launching Bapak asuh anak stunting ini memberikan solusi yang baik serta berjalan dengan lancar dalam penanganan stunting di mentawai” tutupnya mengakhiri.


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment