Pj Bupati Mentawai Kunjungi UMKM SP 2, Ketua Forum : Kita Harapkan Ada Solusi Terkait Pemasaran

INFO|MENTAWAIKunjungi salah satu kelompok UMKM yang ada di SP 2 Desa Sido Makmur, Kecamatan Sipora Utara, Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak di dampingi Sekretaris Dinas Koperindag Dominikus Saleleubaja mengajak pelaku usaha untuk terus meningkatkan perekonomian.


“Saat ini kita konsen pada UMKM, pasalnya UMKM ultra mikro ini sangat  kuat pengaruhnya terhadap Fundamental ekonomi di suatu wilayah” sebut Fernando J Simanjuntak saat pertemuan dengan UMKM SP 2 Desa Sido Makmur, Kamis (15/6/2023).


Dia menyebut, kegiatan UMKM ini sangat Potensial karna di daerah manapun UMKM itu berperan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang berdampak kepada orang banyak serta memberikan hasil kepada pelaku usaha.


Soal pemasaran, kata Fernando kita akan lakukan koordinasi dengan Dinas Koperindag, sejauh mana upaya pemesaran yang mereka lakukan terhadap UMKM, termasuk harga pokok produksinya sudah sampai dimana.


Kemudian produk sejenis ini kompetitornya siapa saja, nah aspek seperti ini musti harus di kaji, hal ini menjadi perbaikan dalam produk supaya berdaya saing nantinya” sebut Fernando.


Sekretaris Dinas Koperindag Mentawai, Dominikus Saleleubaja menyebut, kelompok Usaha Bersama “Bubuakat” di bentuk tahun 2022 dalam forum UMKM “Kita Bisa”  ada 6 kelompok, tiga kelompok petani keladi dan tiga kelompok petani sayuran.


“Saat ini dari beberapa kelompok tersebut sudah ada yang memperluas lahan keladinya menjadi 8 hektar” sebut Dominikus.


Terkait dengan pemasaran, kata Dominikus kita selalu mendampingi UMKM yang ada di mentawai dan fasilitas kami siapkan.


Ditempat yang sama ketua Forum UMKM “ Kita Bisa” Erda menyampaikan terima kasih atas kunjungan Pj Bupati Mentawai di Forum UMKM kami di Desa Sido Makmur ini.


“Kunjungan Pj Bupati Mentawai ini, kami berharap memberikan semangat dan motivasi serta memberikan pandangan dalam meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM di sini” tuturnya.

 

Selain itu pihaknya juga berharap wejangan terkait peningkatkan kualitas produk, sehingga nantinya bisa berkembang dan mampu bersaing dengan produk lokal maupun  di luar mentawai


Dalam pertemuan itu, Erda menyampaikan kendala dalam produksi usaha yaitu soal pemasaran, dimana sebelumnya pihaknya sempat bekerjasama dengan salah satu perusahaan pengelola mentawai Fast, namun saat ini sudah terputus kerjasama.


Dengan kunjungan Pj Bupati Mentawai di UMKM kami ini, sangat berharap adanya solusi terkait pemasaran hasil produksi yang kami kelola ini, sehingga tidak sulit bagi kami lagi ketika produksi berjalan ada tempat pemasarannya. 


Editor : Heri Suprianto

Leave a Comment