PILIHAN REDAKSI

Hari Jadi ke-25 Mentawai, Pj Bupati Sampaikan Sejumlah Capaian dan Prestasi

  INFO|MENTAWAI - Membangun Kepulauan Mentawai Maju menuju mentawai emas ini merupakan tagline momen peringatan hari jadi ke-25 Kabupaten K...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Hari Jadi ke-25 Mentawai, Pj Bupati Sampaikan Sejumlah Capaian dan Prestasi

 



INFO|MENTAWAI - Membangun Kepulauan Mentawai Maju menuju mentawai emas ini merupakan tagline momen peringatan hari jadi ke-25 Kabupaten Kepulauan Mentawai yang di buka secara resmi Ketua DPRD Mentawai sementara, Ibrani Sababalat dalam rapat paripurna DPRD setempat, Jumat, (4/10/2024).


Rapat paripurna peringatan hari jadi ke-25 Kabupaten Kepulauan Mentawai di laksanakan secara sederhana di aula sidang DPRD Mentawai yang di hadiri sejumlah tokoh masyarakat, Forkopimda, anggota DPRD Mentawai, Kepala OPD dan sejumlah tokoh mentawai yang berjuang menjadikan Mentawai jadi kabupaten.


Dikesempatan yang berbahagia itu, Penjabat Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak menyampaikan, selama 25 tahun mentawai berjalan telah bersama-bersama menyaksikan berbagai kemajuan yang diraih kabupaten Kepulauan Mentawai.


Berbagai kemajuan itu baik pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, peningkatan kualitas SDM hingga pengembangan sektor-sektor strategis seperti komunikasi, Pariwisata, Perikanan, Pertanian, Perkebunan dan yang lainnya.


Meski demikian, masih banyak lagi tantangan yang akan di atasi bersama berupa pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Sesuai dengan visi kabupaten Kepulauan Mentawai, Kepulauan Mentawai Maju yang berkelanjutan dan bermartabat, maka banyak upaya yang kita lakukan, bahkan setiap antar pimpinan telah berbuat secara optimal.


Dia menyampaikan, hasil yang dirasakan hingga saat ini tentu belum puas, karena pembangunan adalah proses berlangsung terus menerus  yang di awasi oleh masyarakat dan tidak terhenti dalam satu titik dalam proses pembangunan akan selalu bergerak cepat sesuai harapan.


Namun demikian, sebagai refleksi dia menyampaikan capaian-capaiam yang di kuasai bersama dalam beberapa waktu tahun belakangan ini, dimana data BPS menyebutkan bahwa indeks pembangunan manusia (IPM) mentawai terus mengalami kemajuan.


Pada tahun 2014 IPM kita bernilai 59,73 persen, tetapi pad tahun 2023 sampai 2024 mengalami kenaikan menjadi 63,13 persen, sekalipun angka ini masih dibawah angka IPM provinsi, namun ini fakta pembangunan Mentawai yang berkelanjutan, nah Iangka PM ini salah satu indikatornya.


Selanjutnya, usia paraleisme 10 tahun belakangan ini, tahun 2014 angkanya 63,55 tahun dan pada tahun 2023 naik menjadi 65,1 persen,Nini adalah bukti bahwa pembangunan yang dilakukan pemerintah kolaborasi antara eksekutif dengan legislatif dan yudikatif menghasilkan suatu pembangunan yang signifikan


PDRB perkapita ata harga berlaku di kepulauan Mentawai dalam kurun tahun terkahir 2014-2023 menunjukan stand stabil, dimana pad tahun 2014 angka PDRB 32,14 persen kemudian meningkat menjadi 54,3 persen pada tahun 2023.


Untuk angka kemiskinan pada tahun 2014 di angka 6,89 persen, namun 10 tahun belakang ini angka kemiskinan turun menjadi 5,95 persen pada tahun 2023, sementara untuk penurunan stunting juga terus di optimalkan sampai saat ini, dimana pada tahun ini lebih dari 59 miliar dana APBD di alokasikan untuk program-program yang di arahkan dalam menuntaskan beban pengeluaran masyarakat, meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi kantong-kantong kemiskinan dimlepulauan Mentawai.


"Upaya ini kita perlu kerja keras dan berkolaborasi dari kita semua" ujarnya.


Selain itu dia juga menyampaikan prestasi yang di raih pemkab mentawai di antaranya penghargaan capaian Opini Tanpa Pengecualian dua kali berturut-turut, inilah bukti akan baik dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah.


Pengangungan penghatgaan tenaga medis dan belanja kesehatan teladan yang berprestasi tingkat nasional pada tahun 2024 oleh Kementerian Kesehatan, berikutnya penghargaan paritrana awrard  tahun 2024 oleh wakil presiden RI sebagai kabupaten kota terbaik inovasi zona Sumatera kategori pemerintah kabupaten kota untuk pelaksanaan BPJS pada ketenagakerjaan.


Selanjutnya penghargaan sistem transportasi berkelanjutan kategori kabupaten kecil tahun 2024 penghargaan dari lembaga  kebijakan pengadaan barang dan jasa yang memenuhi kelengkapan atribut pada 9 variabel untuk mencapai kematangan UPBJ rekor tiga atau proaktif, (Ers).



Editor : Tim Redaksi

Terbaru
Anda sedang membaca berita terbaru...
Selanjutnya
Next Post »