PILIHAN REDAKSI

Dialog Publik Pers di Tengah Gempuran Jurnalisme Warga Pada Pilkada Serentak 2024 Bersama KPU Padang

  INFONUSANTARA.NET -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang bersama Forum Wartawan Parlemen (FWP) Padang menyelenggarakan dialog publik ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Dialog Publik Pers di Tengah Gempuran Jurnalisme Warga Pada Pilkada Serentak 2024 Bersama KPU Padang




 

INFONUSANTARA.NET -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang bersama Forum Wartawan Parlemen (FWP) Padang menyelenggarakan dialog publik bertema “Pers di Tengah Gempuran Jurnalisme Warga pada Pilkada Serentak 2024”, pada Sabtu (5/10/2024).


Ketua KPU Kota Padang, Dorri Putra, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar wartawan menjadi sumber informasi terpercaya bagi masyarakat, terutama dalam menyajikan berita terkait Pilkada.


“Dengan Pilkada yang tinggal 54 hari lagi, yakni pada 23 November 2024, banyak informasi yang beredar, terutama dari tim sukses pasangan calon yang diviralkan di media sosial untuk menggaet simpati masyarakat,” ujar Dorri Putra.


Ia juga menjelaskan bahwa hingga 10 hari setelah tahapan kampanye dimulai pada 25 September 2024, pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik, lancar, aman, dan sukses. 


Selain itu, KPU telah melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan pasangan calon untuk menyepakati Alat Peraga Kampanye (APK) serta bahan kampanye lainnya.


Menurut Dorri, dukungan pers sangat penting dalam memastikan kampanye dan Pilkada berjalan sesuai dengan koridor konstitusi.


Kami sudah melihat berbagai liputan media terkait sosialisasi dan kampanye pasangan calon, dan Alhamdulillah, banyak yang sudah diberitakan.Namun ironisnya, dalam pelaksanaan Pilkada ini, juga muncul jurnalis dadakan atau yang dikenal dengan jurnalis warga.


"Saat ini kita lihat, banyak masyarakat yang menjadi jurnalis dadakan atau karbitan. Mereka menyampaikan informasi melalui media sosial," ungkapnya.


Tapi, kata Dorri, publik butuh informasi atau berita terkonfirmasi dengan valid. Sebab, jika tidak terkonfirmasi atau valid, informasi atau berita itu besar kemungkinan mengandung hoaks.


"Kita butuh berita terkonfirmasi. Dengan demikian, dukungan rekan-rekan jurnalis dan media sangat dibutuhkan untuk menghadirkan informasi dan berita yang terkonfirmasi dengan valid terkait Pilkada Serentak 2024, sehingga Pilkada ini dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan sukses sesuai koridor kontitusi," cakapnya.


Untuk itu, kata Dorri, maka dilaksanakan kegiatan dialog publik dengan tema "Pers di Tengah Gempuran Jurnalisme Warga pada Pilkada Serentak 2024."


Hadir pada kesempatan itu, Komisioner KPU Kota Padang Arset Kusnadi, dan Sekretarus KPU Kota Padang serta jajaran Sekretariat KPU Kota Padang.


Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut Hendra Makmur yang merupakan ahli pers dari Dewan Pers dan kegiatan diikuti 60 orang jurnalis dari media cetak, elektronik, siber dan pers kampus. (*)




Terbaru
Anda sedang membaca berita terbaru...
Selanjutnya
Next Post »