PILIHAN REDAKSI

Kunjungan Kerja di Kodim 0319/ Mentawai, Ini Arahan Danrem 032/Wbr

INFO|MENTAWAI - Sebagai prajurit dalam menjalankan kegiatan harus memahami tugasnya di lapangan, sehingga keberadaan TNI memberikan dampak ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pj Bupati Mentawai Harapkan Pelatihan Potensi Sar Menjadi Agen Perubahan Keselamatan Masyarakat



 

INFO|MENTAWAI - Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan daerah maritim yang sagat berpotensi rentan dengan bencana alam. Dalam hal ini butuhkan potensi Sar dalam memberikan pertolongan terhadap masyarakat.

 

Hal itu di sampaikan, Penjabat Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak saat berikan arahan pada kegiatan Pelatihan teknis potensi Sar teknik pertolongan di permukaan air yang di selenggarakan Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai bertempat di Aula Turonia, Senin (9/9/2024).

 

Dalam arahannya, kegiatan yang di laksanakan kantor pencarian dan pertolongan mentawai ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam pertolongan di permukaan air, sebuah aspek yang menjadi kebutuhan mendesak dalam menjaga keselamatan masyarakat.

 

Menurut dia, pada era di mana bencana alam semakin sering terjadi dan ancaman terhadap keselamatan maritim semakin meningkat, kemampuan untuk memberikan bantuan di perairan menjadi sangat penting.

 

Melalui pelatihan ini, di harapkan dapat membekali para peserta pelatihan dengan keterampilan teknis yang diperlukan untuk menangani berbagai situasi darurat di perairan, mulai dari pencarian dan penyelamatan hingga bantuan medis darurat. 

 

"Pelatihan ini menjadi langkah awal menuju peningkatan kesadaran akan pentingnya kesiapan dalam pertolongan di perairan khusus di perairan kepulauan mentawai" ucapnya.

 

Dia menyampaikan, dengan luas maritim mentawai ini terkadang mengakibatkan banyak insiden yang membutuhkan pertolongan di permukaan air.

 

Disisi lain, dia menyebut mentawai adalah daerah yang memiliki potensi sangat rentan, dimana salah satu dampak dari potensi itu gempa mengathrust terjadinya bencana kebakaran, rumah roboh, tanah longsor dan sebagainya.

 

"Kalau bencana tsunami jarak menyeret korbannya luar biasa, kalau ini di akumulasikan tidak salah kantor pencarian dan pertolongan menyelenggarakan pelatihan teknis potensi Sar pertolongan di permukaan air" tuturnya.

 

Pada kesempatan itu, penjabat Bupati Mentawai mengucapkan terima kasih kepada Basarnas melalui kantor pencarian dan pertolongan mentawai yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan potensi Sar dan ini sangat penting.

 

"Kepada peserta di harapkan melalui pelatihan ini menjadi agen perubahan yang mampu menyebarkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh kepada masyarakat luas, sehingga keselamatan di perairan dapat menjadi prioritas bersama" pungkasnya, (Ers).



Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »