PILIHAN REDAKSI

HUT Ke-79 KAI, Divre II Sumatera Barat Komitmen Terhadap Keselamatan dan Keberlanjutan

  INFONUSANTARA.NET -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat menggelar Upacara HUT ke-79 KAI di lapang...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pembangunan Unit Air Baku Muara Siberut di Mulai, Kabid PSDA Mentawai : Pekerjaan Dalam Proses Berjalan

Lokasi Pembangunan Unit Air Baku di Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Kepulauan Mentawai.


 

INFO|MENTAWAI - Pemerintah terus meningkatkan luasan cakupan pelayanan air bersih yang aman dan terlindungi guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendorong terwujudnya pembangunan yang lebih merata.

 

Tahun 2024 ini, Dinas PUPR melalui bidang Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) laksanakan pembangunan unit air baku di Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Kepulauan Mentawai.

 

Pembangunan unit air baku ini kontraktor pelaksana PT Sabata Karya Kencana dan konsultan pengawas PT Vitech Pratama Konsultan yang kontrak nomor :  600.1.4.2/02/PPK-PSDA/SP-F.PUABMS/VII-2024, tertanggal 29 Juli 2024 dengan waktu pekerjaan 123 hari kalender.

 

Nilai kontrak Rp 6.649.185.041,45,(Enam miliar enam ratus empat puluh sembilan juta, seratus delapan puluh lima ribu empat puluh satu koma tiga puluh empat rupiah) bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD tahun anggaran 2024.

 

Paket kegiatan dalam pembangunan unit air baku ini terdiri dari belanja jalan, jaringan dan irigasi-bangunan air-bangunan air bersih/air baku-bangunan pengambilan air bersih/air baku.

 

Sementara ruang lingkup pekerjaan utama pada pembangunan unit air baku ini meliputi Persiapan, Sistim manajemen keselamatan kontruksi (SMKK), Pipa Transmisi, Mekanikal Elektrikal, Intake, Resevoir glass steel kapasitas 300 M3, Rumah panel, Tangga dan Jalan inspeksi.

 

Kepala Bidang PSDA DPUPR Mentawai, Jonsa, SE menuturkan, pembangunan unit air baku muara siberut yang di laksanakan ini merupakan pembangunan infrastruktur dasar, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

Dia menjelaskan, unit air baku ini adalah sarana dan prasarana untuk mengambil dan menyediakan air baku,dimana nantinya memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan air bersih.

 

"Prinsipnya pembangunan infrastruktur unit air baku yang kita bangun di Muara Siberut ini untuk menunjang kehidupan masyarakat terkhusus kebutuhan air bersih" sebut Jonsa kepada media, Kamis (26/9/2024).

 

Dia menyebut, dengan di bangunnya unit air baku ini nantinya dapat digunakan masyarakat untuk berbagai kepentingan mulai kebutuhan irigasi, pertanian, kehutanan, industri, pariwisata, air minum dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat memanfaatkan air untuk berbagai keperluan. 

 

"Kita berharap pembangunan unit air baku ini dapat selesai sesuai waktu yang di tentukan, sehingga dapat difungsikan secara optimal dalam memenuhi kebutuhan air baku masyarakat" tuturnya.

 

Dia menambahkan, pembangunan unit air baku yang di bangun tahun 2024 ini merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat terkait dengan kebutuhan air bersih.

 

"Saat ini pembangunan unit air baku masih dalam proses di kerjakan, kita harapkan segera selesai, sehingga bisa di manfaatkan masyarakat nantinya. Bangunan ini perlu kita jaga dengan baik agar bisa di gunakan secara berkelanjutan"tutupnya mengakhiri (Ers).



Editor : Tim Redaksi

 

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »