PILIHAN REDAKSI

Melalui Rakor, Panwaslu Sipora Utara Tingkatkan Pengawasan Tahapan Pemilihan Partisipatif

  INFO|MENTAWAI - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, Panitia Pengawas Pemilu (Panwasl...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Melalui Rakor, Panwaslu Sipora Utara Tingkatkan Pengawasan Tahapan Pemilihan Partisipatif

 



INFO|MENTAWAI - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sipora Utara gelar Rapat Koordinasi (Rakor) pengawasan tahapan pemilihan partisipatif bertempat di Aula Bundo House, Jumat (20/9/2024).


Rakor di buka Ketua Panwaslu Kecamatan Sipora Utara, Harianto Sihombing di dampingi Kordiv PP dan PS, Elsa Marianti, Kordiv HP2H, Wiwin Kurniawati di hadiri Camat Sipora Utara, Marsen, Danramil 03/Sipora di wakili Babinsa, Serka Dendi, Kapolsek Sipora mewakili, Kepala Desa se-Kecamatan Sipora Utara, Kepala Sekolah SMA 2 Sipora, Ketua PPK, PKD dan awak media


Harianto Sihombing dalam sambutannya menyampaikan, bahwa panwaslu memiliki kewajiban moral dan konstitusional untuk memastikan proses pemilihan berlangsung dengan lancar, transparan, dan demokratis di mentawai.


"Ini merupakan wujud nyata komitmen kita bersama dalam mewujudkan proses kehidupan demokrasi di mentawai yang sehat, transparan, akuntabel dan bentuk ikhtiar panwaslu kecamatan sipora utara dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024" tuturnya.


Dia memgatakan, rakor ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sekaligus mengajak untuk melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam Pilkada 2024.


"Keterlibatan masyarakat dalam mengawasi pemilihan Pilkada serentak akan memperkuat integritas proses demokrasi kita. Melalui pengawasan partisipatif, pemilihan dapat berjalan dengan lancar dan damai,” katamya. 


Menurutnya, sudah selayaknya masyarakat ikut andil dan terlibat dalam pengawasan pada proses tahapan-tahapan di pemilihan kepqla daerah serta memberikan pendidikan politik kepada calon pemilih.


"Mensosialisasikan tahapan-tahapan salah satu bentuk keterlibatan partisipasi masyarakat. Oleh kerana itu, mari bersama-sama saling bersinergi menjadi dari bagian Panwaslu Kecamatan Siporabutara untuk mengawal Pilkada serentak tahun 2024,” ucapnya.


Kepala Seksi Hubungan Antar Lembaga Kesbangpol Mentawai, Pateroba Sababalat sebagai pemtaeri menyamapikan, bahwa tahapan pemilihan kepala daerah yang sedang berjalan saat ini, pihaknya terus melalakukan pemantaun


"Pemantauan kita lakukan ini khusus kepada ASN yang tidak netral dalam proses tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kepulauan mentawai" ucapnya.


Selain itu, dia mengajak seluruh masyarakat ikut berperan aktif dalam pengawasan tahapan pilkada, sehingga menghasilkan demokrasi yang berkualitas di kepulauan mentawai.


“Partisipasi aktif setiap individu maupun kelompok dalam masyarakat sangat penting dalam mensukseskan Pilkada mendatang,” jelasnya.  


Diakhir kegiatan rakor pengawasan tahapan pemilihan partisipatif 2024 di laksanakan deklarasi, Netralitas penyelenggara pemilu, ASN, Kepala Desa, TNI-Polri, dalam penyelenggaraan pemilihan serentak 27 November 2024


Kami para penyelenggara pemilu, ASN, Kepala Desa, TNI-Polri, se-Kecamatan sipora Utara berikrar untuk menjaga dan meneggakan prinsip netralitas dengan:


1.Tidak membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan bakal calon, calon atau pasangan calon, baik sebelum, selama maupun sesudah pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah


2.Tidak ikut serta  atau terlibat dalam kampanye pemilihan kepala daerah


3.Menghindari komflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada calon atau pasangan calon tertentu.


4.Tidak menunjukan keberpihakan kepada calon atau pasangan calon melalui media aosial dan media lainnya.


5.Menolak politik uang 


Demikian ikrar ini dibuat dengan sebenar-benarnya.



Editor : Tim Redaksi

Terbaru
Anda sedang membaca berita terbaru...
Selanjutnya
Next Post »