PILIHAN REDAKSI

Gelar Sosialisasi, Panwaslu Sipora Utara Ajak Masyarakat Kawal Tahapan Pilkada

INFO|MENTAWAI - Guna menyamakan persepsi dalam pengawasan pemilihan kepala daerah, Panwaslu Kecamatan Sipora Utara adakan sosialisasi penga...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Bupati Benny Dwifa Buka Festival Seni Budaya Kecamatan IV Nagari Sekaligus Launching Kecamatan Statistik dan Nagari Statistik

 




INFONUSANTARA.NET, Sijunjung -- Ribuan orang menyaksikan Festival Seni dan Budaya Kecamatan IV Nagari yang dibuka langsung oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang di Nagari Palangki, pada Jum'at malam (13/9/2024).


Festival Seni dan Budaya Kecamatan IV Nagari menampilkan Silek Podang dan Tari Mandulang Ameh  (Nagari Palangki), fashion show (pelajar), Tari Piring (Nagari Muaro Bodi), Luka Gilo dan Tari Jalo (Nagari Mundam Sakti), Salawat Dulang (Nagari Koto Tuo) serta Randai (Nagari Koto Baru). 


Pada kesempatan itu, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang juga melakukan launching Kecamatan Statistik dan Nagari Statistik.


"Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang dalam sambutannya mengatakan, kita patut memberikan penghargaan kepada Kecamatan IV Nagari bersama lapisan masyarakat yang menggelar acara malam ini sebagai wujud kepedulian terhadap seni dan budaya daerah," ujarnya.


"Ditengah keterbatasan anggaran, dukungan DPRD Sijunjung sangat kita rasakan dalam mencapai cita-cita pembangunan daerah selama ini," ujar Bupati Benny melanjutkan. 


"Kecamatan IV Nagari bersama seluruh pemerintahan nagari menjadi contoh Nagari Statistik sehingga pembangunan kedepannya akan lebih terukur dan lebih baik.


Anggota DPRD Syasmi Ultriadi dalam sambutannya sangat mengapresiasi pagelaran Festival Seni dan Budaya. 


"Wadah seperti ini perlu kita apresiasi dan menjadi ajang bagi generasi muda guna melestarikan budaya Minangkabau," kata Syasmi Ultriadi. 


Dalam acara yang berlangsung di Lapangan Bolakaki Nagari Palangki tersebut, juga dilakukan penyerahan Piagam Kecamatan Statistik kepada camat IV Nagari. 


Selanjutnya juga diserahkan Piagam Nagari Statistik kepada Wali Nagari Palangki Jasman H Sy., Wali Nagari Mundam Sakti Dayusmar, A.Md, Wali Nagari Muaro Bodi Hendri Yandi, Pj. Wali Nagari Koto Tuo Heries, SH dan Pj. Wali Nagari Koto Baru Gon Hasri.  


Hadir pada acara tersebut diantaranya Anggota DPRD Drs. H. Efrinedi Nangkodo Sutan Pamuncak, Kakan Kemenag Drs. H. Syamsul Arifin, M.M.Pd Malin Suleman, Ketua LKAAM Z. F. Dt. Gindo Jalelo serta pimpinan OPD terkait.  


Camat IV Nagari Ayu Bony Dwi Fitha, SSTP, M.Si bersama Kapolsek IV Nagari, Dan Ramil 06/Palangki, kepala Puskesmas Muaro Bodi, kepala Puskeswan Palangki, kepala Pasar Ternak Palangki, koordinator BPP kecamatan IV Nagari serta Bamus nagari menyaksikan festival bersama bupati dan rombongan serta ribuan masyarakat. 


"Statistik adalah dasar perencanaan, sekaligus acuan dalam mengevaluasi pembangunan," demikian sambutan Kepala BPS Riqadli, S.Si, MM. 


"Seni dan budaya yang ada dinagari adalah bagian dari statistik sebagai dasar dalam kebijakan pembangunan," lanjut Riqadli. 


"Meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dalam kurun waktu tiga tahun terakhir di Kabupaten Sijunjung adalah buah dari kebersamaan antara pemerintah bersama segenap lapisan masyarakat yang patut diapresiasi,"pungkasnya.


Festival Seni dan Budaya Kecamatan IV Nagari berlangsung dalam cuaca cerah dan berakhir pada Sabtu dinihari.(AG/Danus)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »