PILIHAN REDAKSI

Kepsek Rahmat,M.Pd:Terima Kasih Atas Kunjungan Alumni SMPN 20 Padang Angkatan 95, Mari Bersama Memajukan Pendidikan

INFONUSANTARA.NET -- Alumni SMP Negeri 20 Padang Angkatan 95 laksanakan kunjungan ke SMP Negeri 20 Padang dalam rangka silahturahmi bersama...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

10.400 Meter Ruas Jalan Trans Mentawai di Wilayah Siberut Utara Selesai di Bangun



 

INFO|MENTAWAI - Peningkatan infrastruktur jalan sangat penting dalam menjaga asa urat nadi perekonomian. Hal ini tidak lepas dari perannya dalam mendukung pergerakan manusia dan berpengaruh pada kegiatan distribusi dan logistik dan hasil bumi.

 

Tak hanya itu, ketersediaan infrastruktur sangat bernilai penting, karena berkorelasi dengan waktu tempuh dan ongkos distribusi yang menentukan kemajuan suatu daerah serta meringankan beban masyarakat.

 

Melalui program Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Mentawai tahun 2024 ini meluncurkan progres pembangunan jalan di daerah Siberut Utara pada ruas jalan Sirilanggai -Tarekan hulu, Barambang-Malancan, Barambang-Sirilanggai dan Sikabaluan-Monganpoula, Kecamatan Siberut Utara Kepulauan Mentawai.

 

Dimana, pekerjaan pembangunan ruas jalan ini Konsultan Supervisinya  PT.Archimedia Consultans KSO PT Vitech Pratama Konsultan di laksanakan PT. Surya Pratama Natural yang terkontrak nomor : 620.1.9/07/PPK-BM.02/III-2024, waktu pekerjaan selama 210 hari kalender, mulai pekerjaan 18 maret 2024 berakhir 13 September 2024.

 

"Pembanguan ruas jalan di Siberut Utara ini sebesar Rp.10.299.708.000, yang bersumber dari dana APBD tahun anggaran 2024" sebut Kabid Bina Marga DPUPR Mentawai, Rifki Eriawan kepada media, Rabu (25/9/2024).

 

Dia menjelaskan, pelaksanaan pekerjaan itu ada beberapa item yang di bangun yang di lakukan dari ruas jalan Sikabaluan - Moganpoula jenis beton Lean Concrete (LC) atau beton kurus dengan panjang 1,7 km

 

Berikutnya ruas jalan Barambang - Sirilanggai di lakukan galian saluran drainase dengan panjang 3,9 km, selanjutnya pembangunan ruas jalan Sirilanggai-Tarekan hulu  galian saluran dan galian biasa lebih kurang  panjang 3,9 km dan ⁠panjang beton LC lebih kurang 850 meter.

 

Pembanguan ruas jalan jenis beton Lean Concrete (LC) atau beton kurus ini, kata dia merupakan beton yang digunakan sebagai lantai kerja dalam pekerjaan rigid pavement. Beton LC memiliki fungsi sebagai pemisah agar air semen tidak meresap ke lapisan bawahnya. 

 

"Jadi, total panjang ruas Jalan pembangunan di wilayah Kecamatan Siberut Utara yang rampung tahun 2024 ini sepanjang 10.400 meter atau 10,4 Km" terangnya.

 

Kepala Dinas PUPR Mentawai, Asmen Simanjorang menuturkan, ruas jalan yang di bangun tahun 2024 ini merupakan jalan trans mentawai yang berada di wilayah Kecamatan Siberut Utara, Kepulauan Mentawai

 

"Pembangunan ruas jalan ini anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), dimana dana nya ditentukan pengunaannya. Tahun 2024 ini kita melakukan peningkatan kualitas jalan di ruas jalan Sirilanggai-Tarekan hulu dengan panjang 3,9 Km" ucapnya

 

Dalam pekerjaan ini, pihaknya melakukan betonisasi sepanjang 850 meter dan sisanya membuka lean clearing atau pekerjaan tanah hingga sampai ke ujung Tarekan hulu.

 

Dia mengatakan, pembangunan ruas jalan Sirilanggai-Tarekan hulu ini strategis fungsinya terutama dalam mendukung perekonomian masyarakat,dimana samping kiri-kanan jalan ini banyak masyarakat memiliki hasil bumi seperti cengkeh, pisang, pinang dan berbagai komoditi lainnya.

 

"Dengan rampungnya pembangunan ruas jalan ini sangat terbantu masyarakat dalam mendistribusikan hasil bumi mereka serta kos tidak lagi mahal" ucapnya.

 

Dia menambahkan, dengan di bangunnya ruas jalan ini juga mendukung fungsi dari dermaga labuan bajau di Desa Sigapokna yang berada di wilayah kecamatan Siberut Barat.

 

"Kalau sudah terkoneksi akses jalan, maka dermaga labuan bajau akan semakin optimal fungsinya serta terhubung nantinya kedaerah terisolir" sebutnya.

 

Kedepan, kata dia akan merencanakan pembangunan ruas jalan dari Sigapokna menembus pesisir bagian barat pulau Siberut, nantinya akan di lakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, tutupnya, (Ers).



Editor : Tim Redaksi


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »