PILIHAN REDAKSI

Melalui Rakor, Panwaslu Sipora Utara Tingkatkan Pengawasan Tahapan Pemilihan Partisipatif

  INFO|MENTAWAI - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, Panitia Pengawas Pemilu (Panwasl...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Resmi Dibuka Wabup Irradatillah, Pawai Budaya Festival Geopark Silokek 2024 Diikuti 12 Ribu Lebih Bundo Kanduang se Kab.Sijunjung

 

Festival Geopark Silokek Culture Diversity Tahun 2024 ini secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Sijunjung Irradatillah, S.pt, pada Rabu (21/8/2024)



INFONUSANTARA.NET, Sijunjung-- Festival Geopark Silokek Culture Diversity Tahun 2024 ini secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Sijunjung Irradatillah, S.pt, pada Rabu (21/8/2024), yang digelar di depan Gor Sibinuang Sati, Simpang Tugu, Muaro Sijunjung Kabupaten Sijunjung 


Festival Geopark Silokek Culture Diversity 2024 ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwasata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung, terhitung dari tanggal 21- 23 Agustus 2024.Festival Geopark ini juga dalam rangka memperingati HUT RI ke-79.


Dalam festival itu, Wakil Bupati Sijunjung, lraddatillah melepas arak- arakan pawai bundo kanduang berjumlah sebanyak 12 ribu orang lebih yang ikut serta dalam pawai budaya maarak dulang menuju Balairung Lansek Manih, di Kantor Bupati Sijunjung, yang selanjutnya dilakukan kegiatan makan bajamba berbagai jenis makanan untuk disantap secara bersama.


Hadir pada kegiatan Geopark Silokek Culture Diversity 2024, itu antara lain Forkopimda Kabupaten Sijunjung Ketua Tim TP PKK, Ketua Gown,Kadis Pariwisata Provinsi Sumbar,Kepala Kantor Pertanahan Sijunjung,Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Sijunjung, Camat se Kabupaten Sijunjung, Wali Nagari se Kabupaten Sijunjung.


Kemudian, Pimpinan instansi vertikal BUMN dan BUMD, Ketua Badan Pengelola Geopark Ranah Minang Silokek, Ketua LKAAM  Kabupaten Sijunjung, Ketua Bundo Kanduang Sijunjung,serta tokoh masyarakat, ninik mamak, pemuda nagari muaro Sijunjung.


Wakil Bupati Sijunjung, lraddatillah menjelaskan, kegiatan ini pun digelar untuk melestarikan budaya serta mengenalkan kepada generasi muda Adat dan Budaya Kabupaten Sijunjung. Geopark Silokek tak hanya memberikan keuntungan bagi masyarakat Silokek saja tapi bagi semua masyarakat Kabupaten Sijunjung.


"Geopark Silokek tak hanya memperkenalkan alam tapi berbagai bentuk budaya serta memberikan dampak bagi masyarakat terutama dalam perekonomian," pungkasnya.


Sementara Kadis Parpora Kabupaten Sijunjung, Afineldi,SH., menyampaikan bahwa Geopark Silokek Culture Diversity Festival 2024 adalah Pawai budaya dengan maarak dulang makan bajamba oleh Bundo Kandung se Kabupaten Sijunjung. Hal Ini tentang warisan budaya oleh balai pelestarian kebudayaan (BPK)wilayah Sumbar.


Kegiatan juga di isi dengan stand jajanan tradisional Kabupaten Sijunjung, festival randai kreasi tingkat umum dan pelajar, penampilan kesenian tradisi Kabupaten Sijunjung.Lomba permainan anak nagari oleh pelajar SD dan SMP. Dan menampilkan pameran dan bazar produk UMKM/Ekonomi Kreatif asli Kabupaten Sijunjung. 


"Kami mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dari segala pihak, hingga festival ini bisa berlangsung dan apresiasi sebesar-besarnya pada Bundo Kanduang se Kabupaten Sijunjung yang sangat antusias mengikuti pawai ini,”pungkasnya.(Danus)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »