PILIHAN REDAKSI

Gelar Sosialisasi, Panwaslu Sipora Utara Ajak Masyarakat Kawal Tahapan Pilkada

INFO|MENTAWAI - Guna menyamakan persepsi dalam pengawasan pemilihan kepala daerah, Panwaslu Kecamatan Sipora Utara adakan sosialisasi penga...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Penghargaan UHC Awards 2024 Kembali di Terima Pemkab Mentawai



INFO|JAKARTA Sebanyak 493 Kepala Daerah di Indonesia mengikuti acara Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 bertempat di The Krakatau Grand Ballroom TMMI, Kamis (8/8/2024).


Kegiatan itu penyerahan penghargaan UHC Award 2024 kepada 33 Provinsi dan 460 Kabupaten/Kota. 96 kota, 364 Kabupaten yang telah berhasil mewujudkan UHC di wilayahnya, dengan cakupan kepesertaan JKN lebih dari 95 persen dari total penduduk.

Kegiatan acara UHC Award 2024 itu Pemkab Mentawai kembali menerima penghargaan yang di serahkan langsung Wakil Presiden Ma’ruf Amin kepada Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak di wakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan dan Pemerintah Lahmuddin Siregar.

Dia menyebut, penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai ini karena memiliki komitmen tinggi terhadap ketersediaan jaminan kesehatan bagi masyarakat di mentawai dengan julukan nama buni sikerei itu

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak baik dari unsur Pemerintah maupun Non Pemerintah yang telah bersama-sama mewujudkan UHC di Kabupaten Kepulauan Mentawai, sehingga penghargaan ini dapat diraih,” ucap, Lahmuddin Siregar kepada media, Jumat (9/8/2024).

Lebih lanjut, Lahmuddin menjelaskan, menambahkan, bahwa penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah ini yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dibandingkan jumlah penduduk.

Selanjutnya yang sudah melakukan integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Kepesertaan JKN (PBPU Pemda) yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018. 

Dikatakan, penghargaan ini sudah kesekian kali di terima dan ini merupakan wujud nyata kehadiran Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam upaya memastikan ketersediaan jaminan kesehatan bagi seluruh warganya. 

“Alhamdulillah per 1 Agustus ini sebanyak 99,25% persen warga Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan manfaatnya sangat terasa sekali setelah UHC ini bagi warga kami yang ingin membutuhkan segera (darurat) dengan status langsung aktif,” ungkap Asisten. 

Dengan diterimanya penghargaan ini, Lahmuddin berharap dapat menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di bumi sikerei.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Fauzi Lukman Nurdiansyah mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Pihak-pihak terkait yang telah berhasil meraih predikat UHC Kategori Utama. 

“Kita bersyukur sekali 3 kabupaten kota di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Padang sudah meraih predikat UHC yakni, Kota Pariaman, Kabupaten kepulauan Mentawai dan Kota Padang. Patut kita syukuri juga BPJS Kesehatan merupakan penyelenggara jaminan kesehatan yang tercepat mencapai UHC di tingkat internasional. Dalam waktu 10 tahun, 98,5 persen masyarakat Indonesia telah menjadi peserta jaminan kesehatan,” ujar Fauzi. 

Atas komitmen dan kolaborasi semua pihak dalam ekosistem JKN, kami mengucapkan terima kasih. Semoga kolaborasi yang harmonis ini tetap terpelihara dan terus tumbuh demi wujudnya masyarakat Indonesia yang lebih sehat, pungkasnya, (*Ers).

Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »