PILIHAN REDAKSI

Gelar Sosialisasi, Panwaslu Sipora Utara Ajak Masyarakat Kawal Tahapan Pilkada

INFO|MENTAWAI - Guna menyamakan persepsi dalam pengawasan pemilihan kepala daerah, Panwaslu Kecamatan Sipora Utara adakan sosialisasi penga...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pemkab Sijunjung Sambut Kedatangan Tim BNPB dan BPBD Sumbar Terkait Verifikasi Rehab Rekon Pasca Bencana

 

INFONUSANTARA.NET, Sijunjung-- Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung sambut kedatangan Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait dengan verifikasi kebutuhan rehabilitasi dan rekontruksi pascabencana di Kabupaten Sijunjung.


Tim yang diketuai oleh Kasubdit Inventarisasi dan Penilaian Kebutuhan BNPB,  Syavera, ST,MT bersama anggota ini disambut Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir  S.STP  M.Si di rumah dinas bupati tersebut pada Kamis (1/8/2024) malam.


Pada kunjungan tersebut, Tim dari BNPB juga didampingi oleh Kabid Rehab Rekon BPBD Provinsi Sumbar, Ilham Wahab S.Sos, M.Si dan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat, Gusman serta dari Kabupaten juga dihadiri  Sekdakab, Dr. Zefnihan  AP. M. Si beserta Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Sijunjung.


Dalam sambutannya, Bupati Benny Dwifa menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Sijunjung Ranah Lansek Manih Negeriku Tercinta kepada tamu dari BNPB dan Provinsi Sumatera Barat.


Ia mengatakan bahwa pada akhir tahun 2023 di Kabupaten Sijunjung kuantitas seperti bencana alam seperti banjir dan tanah lonsor meningkat yang disebabkan curah hujan dan cuaca ekstrem. 


Banyak jalan yang longsor dan amblas, pohon tumbang sampai tahun 2024 ancaman  bencana alam ini berlanjut  kepada seluruh kecamatan di Kabupaten Sijunjung


Beberapa upaya rehabilitasi dan rekontruksi telah dilaksanakan oleh Pemkab Sijunjung.  Namun dengan keuangan pemerintah daerah yang minim akibat pandemi covid 19 yang lalu serta recofusing. Sehingga kita kewalahan untuk memperbaiki karena memakana biaya yang sangat besar. Oleh karena itu kami .encoba mengajukan usulan untuk dapat dibiayai melalui dana hibah rehabilitasi dan rekontrukso (RR) BNPB


"Kami berharap semoga apa yang kami usulkan ini dapat dikabulkan oleh BNPB hendakya sehingga fasilitas umum yang rusak dapat dibangun kembali, masyarakat Kabupaten Sijunjung  dapat beraktifitas sebagaimana biasanya dan peremonomian bisa berjalan dengan normal


Sementara itu, Kasubdit Inventarisasi dan Penilaian Kebutuhan BNPB,  Syavera, ST,MT dalam paparannya menyampaikan bahwa terdapat beberapa usulan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunnung melalui BPBD terkait dengan verifikasi kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana. 


Adapun tujuan dari verifikasi ini, untuk memastikan aset tersebut benar-benar milik daerah dan terdampak bencana, selanjutnya memastikan aset yang rusak ini paling lama 2 tahun dari kejadian bencana, kemudian memastikan kondisi aset yang di usulkan masih dalam kondisi rusak, tidak ada tumpang tindih bantuan dari pihak lain. 


"Perlu kita ingatkan bersama, bahwasanya setiap harapan yang ingin diwujudkan didalamnya juga harus ada kerjasama yang baik dan saling berkoordinasi. Kami akan turun melakukan pengecekan dan lainnya namun, pihak Pemda juga harus menyiapkan beberapa item yang menjadi pelengkap itu kegiatan tersebut," ujar Syavera.


Kalaksa BPBD Kabupaten Sijunjung, Henry Chaniago, S.Sos menyampaikan, ada terdapat beberapat titik yang diusulkan untuk di verifikasi kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi Pascabencana.


"Semoga dari beberapa titik yang kita usulkan ini bisa mendapatkan bantuan dan dukungan dari BNPB dalam perbaikan fasilitas yang terdampak bencana," harap Henry


Beberapa titik yang ditinjua oleh tim BNPB ini lanjut henry diantaranya jalan dari Nagari Tamparungo menuju Sumpur Kudus Selatan, dan Jalan Geopark Nasional Muaro menuju Silokek.(Andri/Danus)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »