PILIHAN REDAKSI

Gelar Sosialisasi, Panwaslu Sipora Utara Ajak Masyarakat Kawal Tahapan Pilkada

INFO|MENTAWAI - Guna menyamakan persepsi dalam pengawasan pemilihan kepala daerah, Panwaslu Kecamatan Sipora Utara adakan sosialisasi penga...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Mahasiswa KKN Universitas Tamansiswa Padang Mengelar Kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana

 



INFONUSANTARA.NET -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tamansiswa Padang (UNITAS) mengadakan “Sosialisasi Mitigasi Bencana” di SD 09 Tanjung Beringin Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Pariaman (14/08/2024).


Dr. Ir. Jamilah, MP sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengatakan, acara ini merupakan salah satu program kerja dari kelompok Mahasiswa KKN.


Dalam hal ini, supaya anak-anak yang mendapatkan pemahaman bencana alam dan cara menghadapinya sejak dini. 


Jamilah menjelaskan bahwa dengan adanya sosialisasi ini dapat mengetahui langkah - langkah yang harus diambil sebelum, saat dan setelah bencana. 


Target dari program ini bertujuan kepada siswa SDN 09 Enam Lingkung di Jorong Simpang Tigo, Nagari Toboh Ketek, Kec Enam Lingkung, Kab Padang Pariaman, Sumbar.


Acara sosialisasi dimulai pukul 08.30 WIB. Adapun Materi yang di berikan yaitu jenis - jenis bencana, mitigasi bencana sebelum, saat dan setelah bencana. 


"Sosialisasi tersebut akan memberikan pemahaman kepada siswa bagaimana jenis-jenis bencana dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah atau mengurangi dampak bencana," jelas Jamilah.


Mahasiswa KKN Universitas Tamansiswa Padang mengungkapkan alasan mengapa memilih mensosialisasikan mitigasi bencana ini karena dapat memperkenalkan konsep mitigasi bencana sejak dini, mereka juga dapat menginternalisasi pentingnya keselamatan dan kesiapsiagaan dikalangan generasi muda. 


"Untuk itu kami berharap dengan adanya sosialisasi ini siswa SDN 09 Enam Lingkung ini dapat memahami jenis-jenis bencana yang terjadi, "ungkap Kaprodi Magister Agrotek Unitas ini.


Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 09 Enam Lingkung memberi tanggapan positif atas kegiatan sosialisasi tersebut. Ia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi langkah penting dalam menciptakan siswa yang lebih siap dan tangguh menghadapi bencana. "Untuk siswa-siswa SDN 09 enam lingkung dapat mengimplementasikan sosialisasi yang diberikan oleh kakak-kakak KKN, semoga siswa-siswa semuanya dapat menerapkan di lingkungan masing-masing," harapnya.


Rangkaian kegiatan sosialisasi ini selesai pukul 10.30 WIB. Dan dilanjutkan dengan foto bersama siswa di SDN 09 enam lingkung, ucap Jamilah didampingi Dr. Osronita.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »