PILIHAN REDAKSI

Melalui Rakor, Panwaslu Sipora Utara Tingkatkan Pengawasan Tahapan Pemilihan Partisipatif

  INFO|MENTAWAI - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, Panitia Pengawas Pemilu (Panwasl...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

KPU Sijunjung Gandeng RS Unand dan RSUP Dr.M.Djamil Padang Untuk Pemeriksaan Kesehatan Balon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung 2024

 



INFONUSANTARA.NET, Sijunjung-- KPU Kabupaten Sijunjung mengikuti rapat kordinasi persiapan pemeriksaan kesehatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota pada Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024.


Kegiatan dilakukan secara Luring dan Daring dari Rumah Sakit Universitas Andalas dengan Rumah Sakit Dr. M. Djamil Padang. 


Hadir dalam kesempatan tersebut KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota  se Sumatera Barat, Bawaslu, dan Kepolisian. Kegiatan bertempat di Aula Rumah Sakit Universitas Andalas dan Aula Rumah Sakit Dr. M. Djamil Padang, pada Kamis (22/8/2024).


Dalam sambutannya Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat, Surya Efitrimen menyampaikan bahwa, kegiatan pada hari ini bertujuan untuk menyeragamkan pemahaman terkait dengan proses Pemeriksaan Kesehatan Pasangan Calon pada Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2024, s/d 1 September 2024.


Hal ini sangat penting dilakukan untuk memitigasi potensi gugatan/sengketa yang akan muncul nantinya, terkhusus pada tahapan pemeriksaan kesehatan bakal calon yang akan ikut pada pemilihan serentak 2024.


KPU sebagai penyelenggara harus memberikan pelayanan kepada bakal pasangan calon secara maksimal, tidak ada hal-hal yang akan menjadi pembicara miring nantinya, sehingga tidak muncul opini pelayanan dari KPU kepada bakal pasangan calon berbeda-beda. Prinsipnya pemeriksaan kesehatan secara objektif dan ilmiah berdasarkan ilmu kedokteran berdasarkan keahlian, sebagai dasar KPU nantinya untuk menilai dari sisi pemeriksaan kesehatan bagi bakal Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota,pada Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024 nantinya.


Pihak Rumah Sakit (RS) Universitas Andalas Dr.dr.Yefri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U (K) menyampaikan bahwa hasil dari kegiatan pemeriksaan kesehatan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Pada Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024 ini akan menghasilkan laporan/keputusan MAMPU atau TIDAK MAMPU untuk ikut  dalam Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024.


Pada kesempatan ini juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Ketua KPU Kabupaten Sijunjung Dori Kurniadi dengan Direktur Umum Rumah Sakit Universitas Andalas Dr. dr. Yefri Zulfiqar, Sp.B, Sp.U (K) terkait dengan pemeriksaan kesehatan dan kontrak kerjasama antara pejabat pembuat komitmen KPU Kabupaten Sijunjung dengan Direktur Umum Rumah Sakit Universitas Andalas sebagai bentuk kerjasama dari segi pelaksanaan anggaran.(Danus)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »