PILIHAN REDAKSI

Melalui Rakor, Panwaslu Sipora Utara Tingkatkan Pengawasan Tahapan Pemilihan Partisipatif

  INFO|MENTAWAI - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, Panitia Pengawas Pemilu (Panwasl...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Kejuaraan Selaju Sampan Fadly Amran Cup di Palinggam,Osman Ayub: Komitmen Bersama Tokoh Masyarakat Palinggam Pasa Gadang

"Fadly Amran Cup: Kejuaraan Terbuka Selaju Sampan Antar Klub se-Kota Padang 2024". 15 -18 Agustus 2024 di Palinggam,Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang.



INFONUSANTARA.NET -- Peduli terhadap olahraga tradisi di Kota Padang, bakal calon Wali Kota Padang Fadly Amran secara resmi membuka kejuaraan selaju sampan bertajuk "Fadly Amran Cup: Kejuaraan Terbuka Selaju Sampan Antar Klub se-Kota Padang 2024" di Palinggam, Kamis (15/8) sore.


Disaksikan ribuan warga yang memadati kiri kanan pinggiran sungai Batang Arau di kawasan Palinggan, Fadly Amran menabuh tambua menandai pembukaan kejuaraan itu.


Hadir dalam kesempatan itu sejumlah tokoh Palinggam diantaranya Irjen Pol (Purn) Dasrul Lamsudin serta sejumlah tokoh lain. Juga nampak bakal calon Wawako Maigus Nasir, Ketua KONI Sumbar Rony Pahlawan, anggota DPRD Sumbar dan DPRD Padang terpilih dan tokoh lainnya.


"Dengan kejuaraan ini kami berharap dapat menghidupkan kembali tradisi olahraga selaju sampan yang telah lama menjadi bagian dari sejarah dan budaya kita," kata Fadly. 


Dia berharap kedepan iven ini akan digelar secara rutin yang akan menjadi langkah penting bagi kami untuk menjadikan program unggulan demi menciptakan pariwisata yang tematik dan mempromosikan kearifan lokal di Kota Padang.


"iven ini diharapkan menjadi salah satu event pariwisata yang dapat memperkenalkan kearifan lokal dan budaya tradisional kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang" katanya. 


Dia juga mengajak masyarakat untuk menjaga ketertiban dan kebersihan. Jangan sampai nanti ada konflik antar warga.


"Mari kita jaga ketertiban dan keamanan serta kebersihan sungai sehingga bisa menarik minat wisatawan untuk datang," katanya.


"Saya turut bangga dapat berpartisipasi dalam menyelenggarakan event ini. Selain mempertahankan tradisi, kami juga berharap event ini dapat mempererat silaturahmi antar masyarakat dan menjadi daya tarik pariwisata bagi Kota Padang," tambahnya.



Acara yang akan diselenggarakan dengan tema "Fadly Amran Cup: Kejuaraan Terbuka Selaju Sampan Antar Klub se-Kota Padang 2024" disambut antusias oleh masyarakat. Ribuan warga nampak menyaksikan pagelaran hari pertama.


Kejuaraan selaju sampan ini akan digelar selama empat hari mulai 15 Agustus hingga 18 Agustus mendatang dengan penutupan sekaligus deklarasi pasangan Fadly Amran - Maigus Nasir untuk maju di Pilkada Padang.


Sementara Ketua DPD Nasdem Kota Padang,Osman Ayub secara terpisah menyampaikan, ini komitmen kita yang sebelumnya telah kita musyawarahkan bersama -sama dengan para tokoh masyarakat Palinggam, Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Padang Selatan dan semua elemen masyarakat yang terlibat.


"Alhamdulillah olahraga tradisional selaju sampan "Fadly Amran Cup: Kejuaraan Terbuka Selaju Sampan Antar Klub se-Kota Padang 2024" di Palinggam, dapat diselenggarakan,"katanya.


Kedepannya tentu kita berharap dengan kejuaraan ini dapat menghidupkan kembali tradisi olahraga selaju sampan yang telah lama menjadi bagian dari sejarah dan budaya kita di Kota Padang, khususnya di Palinggam ini.


Olahraga selaju sampan ini memang  sudah terkenal sejak dari dulunya, dan ada lagunya dari Eli Kasim dengan lagu  "Dayuang anak Palinggam" nya.


Dia berharap ke depan iven selaju sampan tradisional "Fadly Amran Cup" ini akan digelar secara rutin. Iven ini diharapkan menjadi salah satu event pariwisata yang dapat memperkenalkan kearifan lokal dan budaya tradisional kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang"pungkasnya. (bim).



Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »