PILIHAN REDAKSI

Demi Perubahan Sumbar dan Kota Padang Lebih Baik, H.Fauzi Bahar: Mari Pilih Pemimpin Yang Bijak dan Tegas

  INFONUSANTARA.NET -- Pengurus Organisasi Kolaborasi Jurnalis Indonesia (KJI) kunjungi Dewan Penasehat DPP-KJI yang tidak lain adalah Ketu...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pekan Imunisasi Nasional Polio, Dinkes Mentawai Targetkan 13.170 Anak




INFO|MENTAWAI - Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengan jenis polio yang dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan permanen terutama pada anak yang belum mendapatkan imunisasi.


Untuk mencegah hal tersebut, Pemkab Mentawai melalui Dinas Kesehatan Mentawai adakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio yang di laksanakan secara serentak di launching PJ Bupati Mentawai, Jongguran Simanjuntak di Homestay Mapadegat, Selasa (23/7/2024).


Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Desti Seminora dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan pekan imunisasi nasional ini di laksanakan berdasarkan surat Kemendagri RI Nomor 400.5.2/2673/SJ tentang pelaksanaan pekan imunisasi nasional dalam rangka penanggulangan kejadian luar biasa polio.


Berikut surat keputusan Kemenkes RI nomor :HK.01.07/Menkes/1031/2024 tentang pelaksanaan pekan imunisasi nasional dalam rangka penanggulangan kejadian luar biasa polio dan surat instruksi Gubernur Sumbar Nomor :763/3600/Instansi-Gub/tahun 2024 tentang pelaksanaan pekan imunisasi nasional dalam rangka pencegahan polio di Sumatera Barat.


"Kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) ini untuk mencegah penularan dan mencegah terjadinya polio serta mencegah terjadinya kejadian luar biasa (KLB) di kepulauan Mentawai" sebut Desti


Dia megatakan, pelaksanaan kegiatan pekan imunisasi nasional ini berlangsung selama satu Minggu mulai dari tanggal 23-29 Juli 2024, sedangkan pelaksanaan sweeping di lakukan dari tanggal 30 Juli - 3 Agustus di lanjut sweeping kembali tanggal 6-17 Agustus 2024.


"Sasaran dan target program pemberian imunisasi polio ini sebanyak 13.170 orang dengan umur 0-7 tahun 11 bulan 29 hari dan target capaian program di angka 95 persen" sebut Desti.


Sementara target sasaran untuk wilayah Puskesmas Mapadegat terdiri dari umur 0-59 bulan berjumlah 1075 sasaran, umur 5-7 tahun berjumlah 543 sasaran dan umur 7 tahun 11 bulan 29 hari jumlah 301 sasaran.


"Total sasaran pemberian imunisasi polio di Puskesmas Mapadegat ini sebanyak 1919 sasaran" ucapnya.


Dia mengatakan, pelaksanaan pekan imunisasi nasional ini di lakukan secara serentak, untuk kabupaten kepulauan Mentawai di laksanakan di 10 kecamatan, 43 Desa dan 351 Dusun.


Untuk puskesmas yang ada di Mentawai di laksanakan di 15 puskesmas, 289 Posyandu, 39 Pustu, 90 Poskesdes dan 41 Polindes, TK/Paud 134 rumah masyarakat dan fasilitas umum lainnya yang disediakan masyarakat untuk pelaksanaan pekan imunisasi nasional (PIN) polio di kabupaten kepulauan mentawai.


"Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan pekan imunisasi nasional di kepulauan Mentawai, mari kita lindungi anak-anak dengan pemberian polio" tutupnya mengakhiri, (Ers).



Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »