PILIHAN REDAKSI

Bupati Benny Dwifa Senang Ternyata di Sijunjung Juga Bisa Panen Bawang Merah

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa panen bawang merah. INFONUSANTARA.NET, Sijunjung -- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si melakuka...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Tingkatkan Kapasitas Masyarakat, BPBD Mentawai Bersama BMKG Bakal Gelar Sosialisasi Tsunami Ready Community




INFO|MENTAWAI - Guna meningkatkan kapasitas masyarakat menghadapi hancaman tsunami, BPBD Mentawai Bekerjasama dengan BMKG Padang Panjang pada bulan Juni 2024 akan menggelar kegiatan sosialisasi Tsunami Ready Community.


"Sosialisasi Tsunami Ready Community ini sangat penting guna meminimalkan risiko bencana gempa bumi di laut yang sewaktu-waktu bisa terjadi" ucap Kepala BMKG Padang Panjang Suadi di ruang kerja Bupati Mentawai saat sampaikan kegiatan yang akan di laksanakan, Rabu (29/5/2024).


Dia menyampaikan, bahwa Mentawai masuk dalam kategori bahaya tsunami yang mana adanya isu Megatrust dengan Golden Time terjadinya Tsunami hanya 5-10 menit dan itu waktu masyarakat bisa menyelamatkan diri.


"Apabila bencana itu terjadi gelombang Tsunami itu sendiri diprediksi 10 hingga sampai 12 meter" teramgnya.


Dengan adanya isu mengatrust ini sangat penting di berikan sosialisasi Tsunami Ready Community dalam rangka meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana ketika terjadi.


Nah, kesiapan segala aspek menghadapi Tsunami itu harus dimulai dari sekarang. Terutama bagi masyarakat dusun dan Desa yang berada di bagian pesisir pantai.


Dikatakan, kesiapan menghadapi bencana harus siap dari sekarang dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara intens, sehingga ketika terjadi bencana sudah tangguh.


"Melalui kegiatan sosialisasi Tsunami Ready Community ini di harapkan masyarakat mampu meningkatkan kapasitas dalam menghadapi bencana Gempa maupun tsunami yang terjadi kapanpun" ujarnya.


Plt Kepala BPBD Mentawai, Lahmuddin Siregar menyebut, sosialisasi Tsunami Ready Community ini akan di laksanakan bulan Juni 2024 bekerjasama dengan BMKG Padang Panjang.


Dengan adanya penetapan bahaya tsunami di Mentawai, sebutnya perlu di lakukan pelatihan kepada masyarakat, agar terbentuk kemandirian masyarakat serta peningkatan kapasitas dalam menghadapi bencana, ujarnya.


Dia menyebut, kegiatan yang akan dilakukan ini melibatkan seluruh komunitas, sehingga dapat memahami potensi ancaman Tsunami khususnya di wilayah Tuapeijat.


"Melalui kegiatan sosialisasi Tsunami Ready Community ini tentunya memperkuat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana" ucapnya mengakhiri, (Ers).


Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »