PILIHAN REDAKSI

Bupati Benny Dwifa Senang Ternyata di Sijunjung Juga Bisa Panen Bawang Merah

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa panen bawang merah. INFONUSANTARA.NET, Sijunjung -- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si melakuka...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pastikan Kesehatan Anak, Desa Goiso'oinan Giatkan Posyandu Rutin

 



INFO|MENTAWAI - Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak.


Peran posyandu ditengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga di peruntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui dan pasangan usi subur.


Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. 


Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat.


Melalui kegiatan itu, kader-kader Posyandu balita Desa Goisooinan dan bidan Desa Goisooinan melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas yang di laksanakan di Aula Desa Goiso'oinan, Selasa (14/5/2024).


Bidan Desa Ernawati menyebut, kegiatan posyandu yang di lakukan ini pemberian imunisasi, makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan.


"Kegiatan posyandu yang kita lakukan ini agar bisa kita deteksi terhadap kesehatan anak balita", ucapnya.


Adapun rangkaian kegiatan posyandu itu, penimbangan balita dan anak yang dilakukan tiap bulan di posyandu, BCG untuk mencegah penyakit TBC. DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus. Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan. Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).


Pada kesempatan itu, Kades Goiso'oinan, Sion. Marsutim sampaikan apresiasi kegiatan posyandu yang di laksanakan kader posyandu agar ballita dan anak dapat tumbuh sehat.


"Melalui kegiatan posyandu ini dengan melakukan penimbangan bisa terpantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak" sebut Kades, Kamis (16/5/2024).


Dia menyampaikan, kegiatan posyandu di dukung Desa Goiso'oinan dengan menyiapkan anggaran untuk pemberian makanan tambahan yang sudah diverifikasi ahli gizi dari Puskesmas  pada setiap bulannya.


"Semoga kegiatan posyandu ini akan meningkatkan kualitas kesehatan balita dan anak yang ada di desa Goisooinan Sehingga akan melahirkan generasi penerus yang cerdas dan sehat" pungkasnya, (Ers).



Editor : Tim Redaksi




Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »