PILIHAN REDAKSI

Bupati Benny Dwifa Senang Ternyata di Sijunjung Juga Bisa Panen Bawang Merah

  Bupati Sijunjung Benny Dwifa panen bawang merah. INFONUSANTARA.NET, Sijunjung -- Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si melakuka...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Desa Tuapeijat Berikan Bantuan Mesin Penggiling Padi di Dusun Mapadegat dan Pukarayat



INFO|MENTAWAI - Guna mempermudah produksi petani padi, Pemerintahan Desa (Pemdes) Tuapeijat berikan bantuan 2 unit mesin Huller merek Yanmar di Dusun Mapadegat dan Dusun Pukarayat.


Bantuan mesin Huller ini merupakan pengadaan tahun 2023 Desa Tuapeijat dengan anggaran sebesar 187 juta yang di serahkan kepada dua Dusun berada di wilayah Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sumbar.


"Bantuan ini tujuannya untuk permudah para petani menggiling padi mereka. Karena selama ini, kalau giling padi di lakukan secara manual" sebut Kades Tuapeijat, Pusuibiat T.oinan melalui Sekdes, Nobel kepada media, Senin (4/12/2023).


Mesin huller yang di berikan ini, menurut dia tidak sulit untuk mengoperasikannya, bahkan sistim penggilingannya tergolong cepat langsung jadi beras artinya tidak ribet.


Dia menjelaskan, pemberian bantuan mesin Huller ini kepada masyarakat, melihat luas persawahan, nah dari peninjauan di lokasi ada dua Dusun yang bisa menerima bantuan tersebut.


Selain itu, bantuan mesin Huller ini tidak semerta-merta untuk satu orang saja dapat mempergunakannya, namun masyarakat yang lain juga bisa memakai untuk kebutuhan penggilingan padi, ujarnya.


"Intinya bantuan mesin Huller ini di berikan untuk kepentingan orang banyak, guna mempermudah sistim kerja penggilingan padi dengan cepat" ucapnya.


Disisi lain mesin Huller yang di berikan ini juga sebagai motivasi untuk menunjang semangat para petani dalam meningkatkan hasil produksi padi, sehingga terwujud ketahanan pangan, pungkasnya, (Ers).



Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »