PILIHAN REDAKSI

Kunjungan Kerja di Kodim 0319/ Mentawai, Ini Arahan Danrem 032/Wbr

INFO|MENTAWAI - Sebagai prajurit dalam menjalankan kegiatan harus memahami tugasnya di lapangan, sehingga keberadaan TNI memberikan dampak ...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pimpin Upacara Api Unggun Dasa Dharma, Sekda Martinus Apresiasi KBN Perdana di Bumi Sikerei



INFO|MENTAWAI - Detik-detik di mulai pembakaran api Dasa Dharma yang di laksanakan di kawasan wisata Mapadeggat, Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sumbar terlihat semua Pramuka penegak dan pandega hening saat proses pembakaran api unggun.


Mengawali proses penyalaan api unggun, sepuluh perwakilan peserta membacakan Dasa Dharma Pramuka dan mempersembahkannya kepada pahlawannya masing-masing pada kegiatan Kemah Belaa Negara (KBN) di bumi sikerei, Rabu (15/11/2023).


Di tengah tumpukan kayu berjajar 10 obor yang mengelilingi tumpukan kayu utama. 10 obor itu, memiliki makna 10 Dharma Pramuka yang harus menjadi patokan dan sifat dasar anggota Pramuka.


Upacara pembakaran api unggun Dasa Dharma ini di pimpin langsung, Sekretaris Daerah Mentawai, Martinus Dahlan selaku Sekretaris Mabicab Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 15 Mentawai.


"Kami atas Pemerintah Kabupaten mentawai mengucapkan terima kasih kepada peserta kemah bela negara Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat yang telah memilih Bumi Sikerei sebagai tuan rumah" ucapnya.


Dia menyampaikan, peserta kemah bela negara dari 18 Kota/Kabupaten yang datang ke Mentawai, tentu bisa saling berbagi pengalaman selama mengikuti kegiatan baik itu ilmu pengetahuan, keterampilan dan informasi lainnya.


Kabupaten kepulauan Mentawai dalam beberapa bulan ini, kata Martinus banyak pengunjung datang ke bumi sikerei salah satunya kegiatan pesona Mentawai kemudian di sambut dengan kegiatan kema bela negara, ini sangat luar biasa, ucapnya.


"Alhamdulilah, mulai awal kegiatan kemah bela negara hingga sampai akhir berjalan dengan lancar, bahkan peserta dari 18 Kota/Kabupaten sangat senang datang kementawai" tuturnya.


Selain itu, Martinus juga menyampaikan apresiasi kepada Kwarda dan kwarcab yang telah ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan kemah bela negara di bumi perkemahan kawasan wisata Mapadeggat ini.


Dia berharap kepada adek-adek Pramuka penegak dan pandega setelah tiba di tempat masing-masing sampaikanlah informasi kepada khalayak ramai bawah Mentawai itu adalah daerah pariwisata yang memiliki banyak potensi wisata, (Ers).



Editor : Tim Redaksi

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »