PILIHAN REDAKSI

Gelar Sosialisasi, Panwaslu Sipora Utara Ajak Masyarakat Kawal Tahapan Pilkada

INFO|MENTAWAI - Guna menyamakan persepsi dalam pengawasan pemilihan kepala daerah, Panwaslu Kecamatan Sipora Utara adakan sosialisasi penga...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Peningkatan Jalan Menuju Diklat Saureinu' Kabid Bina Marga DPUPR Mentawai Optimis Selesai



INFO|MENTAWAI - Jalan merupakan prasarana utama dalam transportasi. Tanpa jalan, transportasi darat tidak akan berjalan, untuk mempermudah akses masyarakat, Dinas PUPR Mentawai melalui bidang Bina Marga melaksanakan program penyelenggaraan jalan.


Dalam kegiatan ini penyelenggaraan jalan Kabupaten/Kota dengan sub-kegiatan Rekontruksi jalan dengan pekerjaan peningkatan jalan menuju Diklat yang berada di Desa Saureinu' Kecamatan Sipora Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumbar.


Diklat ini merupakan milik Pemkab Mentawai, dimana nantinya akan dipergunakan sebagai tempat aktivitas para ASN juga mempermudah akses bagi para pelajar SMK dan SMP yang berada di lingkungan Diklat tersebut.


Program peningkatan jalan menuju Diklat  ini dikerjakan PT.Melayu Riau dengan anggaran sebesar Rp. 1.557.470.000 miliar yang bersumber dari APBD tahun 2023.


Sesuai kontrak, pekerjaan dimulai tanggal 23 Juni 2023 sampai 19 November 2023 dengan waktu penyelesaian pekerjaan selama 150 hari kalender.


Peningkatan jalan menuju Diklat yang di kerjakan PT. Melayu Riau ini panjang jalan 690 meter, dengan lebar jalan 4,5 meter dan jenis jalan yang di bangun Lean Concrete atau di sebut LC.


LC ini adalah lantai kerja untuk pekerjaan rigid pavement. Lapisan ini bukan termasuk lapisan struktur. Nah fungsinya hanya sebagai lantai kerja agar air semen tidak meresap ke dalam lapisan bawahnya.


Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Mentawai, Rifki Eriawan saat meninjau pekerjaan menuturkan, pekerjaan peningkatan jalan menuju Diklat ini bobot pekerjaan sudah di angka 90 persen artinya tak berapa lama lagi pekerjaan rampung.


"Kita lihat di lapangan pekerjaan jalan menuju Diklat ini kita optimis selesai sesuai dengan waktu yang di tentukan" sebut Rifki kepada media, Rabu (8/11/2023).


Adapun uraian pekerjaan peningkatan jalan menuju Diklat ini meliputi, Umum, Drainase, pekerjaan tanah dan geosintetik, pekerjaan preventif, perkerasan berbutir dan perkerasan beton semen, perkerasan aspal, struktur, Rehabilitasi jembatan, pekerjaan pemeliharaan kinerja dan pekerjaan harian lain-lainnya.


Dia mengatakan, jalan menuju Diklat  yang di bangun tahun ini rampung, maka Diklat tersebut akan dapat di manfaatkan dengan kegiatan pelatihan dasar (Latsar) Diklat kepemimpinan, Diklat guru dan yang lainnya.


"Prinsipnya akses jalan selesai, tentu aktivitas bakal lancar dan Diklat juga termanfaatkan dengan baik" sebutnya.


Selain itu, rampungnya jalan menuju Diklat tahun ini juga bisa dimanfaatkan masyarakat setempat dalam menjalankan aktivitas terutama kepada pelajar yang akan menuju lokasi sekolah yang berada di lingkungan lokasi Diklat.


"Peningkatan jalan yang kita laksanakan tahun ini sebagai bentuk upaya kita dalam mempermudah akses transportasi menuju lokasi Diklat" tuturnya, (Ers).


Editor : Tim Redaksi


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »