PILIHAN REDAKSI

Gelar Sosialisasi, Panwaslu Sipora Utara Ajak Masyarakat Kawal Tahapan Pilkada

INFO|MENTAWAI - Guna menyamakan persepsi dalam pengawasan pemilihan kepala daerah, Panwaslu Kecamatan Sipora Utara adakan sosialisasi penga...

Budaya

Opini

Mentawai

Padang Panjang

Peristiwa

Pariwara

Sijunjung

Pelatihan Pemandu Wisata di Ikuti 40 Peserta Dari Tiga Perwakilan Desa di Siberut



INFO|MENTAWAI Sebanyak 40 peserta yang berasal dari Desa Madobag, Matotonan, Muntei yang tergabung dalam Pokdarwis, HPI dan Petugas TIC Disparpora Mentawai ikuti pelatihan pemandu wisata bertempat di Aula Gedung BPP Kecamatan Siberut Selatan, Kamis (20/7/2023).


Kegiatan di buka Camat Siberut Selatan, Hijon di hadiri, Sekretaris Disparpora Mentawai, Kapolsek Siberut diwakili Kanit Intelkam Polsek Siberut, Danramil 02 Muara Siberut diwakili Babinsa Serka Sopian dan Serda Iswendra, Kepala Desa Muntei, Panitia penyelenggara kegiatan dan Peserta Pelatihan.

Camat Siberut Selatan, Hijon dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelatihan pemandu wisata ini memiliki peran penting bagi masyarakat, bahkan seorang pemandu wisata harus memiliki wawasan yang luas dalam menguasai lokasi wisata di tempat masing-masing.

“Setiap desa memiliki karakteristik wisata, dan keanekaragaman wisatanya masing-masing, termasuk keindahan wisatanya yang memiliki ciri khas tersendiri masing-masing desa wisata” ujarnya.

Pada kesempatan itu Camat Siberut Selatan, Hijon meminta kepada para peserta pelatihan untuk dapat mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada di kepulauan mentawai.

“Mari manfaatkan pariwisata yang ada di sekitar kita agar dapat dikenalkan sebagai objek wisata yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara,” tuturnya.

Sementara Babinsa, Serda Iswendra mewakili Danramil menuturkan, kegiatan pemandu wisata yang di gelar ini untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada peserta terkait dasar dan teknik dalam memberikan pelayanan wisata.

Dalam kegiatan itu para peserta di beri materi oleh nara sumber terkait pelatihan pemandu wisata budaya, cagar budaya, Museum, Keraton dan Candi yang di laksanakan selama dua hari.

Dia menyebut, pelatihan pemandu wisata ini untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetesi para pemandu wisata budaya agar dapat meningkatkan profesionalisme dan kualitas pelayanan pemanduan wisata kepada wisatawan.

“Pemandu wisata itu harus mengedepankan, sopan santun penuh kewajaran, mudah beradaptasi, selera humor yang sehat serta baik dan menyenangkan dan masih banyak lagi trik menarik wisatawan” tukasnya.

Editor : Heri Suprianto


Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »